Polisi Ungkap 10 Kasus Narkoba Dan Mengamankan Belasan Tersangka
Untuk Beli Susu Anak, Ojol Nekat Curi Sepeda Bermerek
Jual Beli Online Motor Lewat Medsos, Bilang Nyoba Malah Dibawa Kabur
Ubah Pandemi Jadi Rejeki
Pantai Biru, Tempat Sampah Disulap Menjadi Wahana Wisata Baru di Bangkalan



Life Style
Efek Samping Minum Kopi tanpa Kafein untuk Kesehatan
Jum'at, 19-06-2020 | 20:10 wib
Reporter :
Foto ilustrasi dok pojokpitu.com
pojokpitu.com Apakah Anda sering minum kopi tanpa kafein? Apakah Anda mengalami mulas atau nyeri sendi akhir-akhir ini? Jika ya, maka Anda mungkin mengalami efek samping kopi tanpa kafein yang Anda minum. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (17/6).
1. Menyebabkan Komplikasi Jantung

Kopi tanpa kafein bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (kolesterol LDL). Efek ini tidak diamati pada varian jenis kopi berkafein.

Kopi tanpa kafein ditemukan mampu meningkatkan lemak darah spesifik yang terkait dengan sindrom metabolik. Dalam penelitian lain, beralih dari kopi berkafein ke kopi tanpa kafein tidak mengurangi risiko serangan jantung.

Meskipun kopi tanpa kafein sendiri mungkin tidak berbahaya, bahan kimia yang digunakan dalam proses tanpa kafein, yakni metilen klorida, salah satu pelarut yang digunakan untuk menghilangkan kafein, bisa bersifat karsinogenik.

Dua cangkir kopi tanpa kafein sehari masih aman pada orang sehat. Tetapi sesuai dengan ketentuan FDA, jika Anda bereaksi keras terhadap kafein secara negatif, maka Anda harus menghindari kopi tanpa kafein.

2. Memperburuk Artritis Rematoid

Konsumsi kopi tanpa kafein dikaitkan dengan peningkatan risiko rheumatoid arthritis. Anehnya, kopi berkafein tidak menimbulkan risiko ini. Penyebab mendasar di balik ini bisa jadi persiapan dan pengolahan kopi tanpa kafein.

3. Menyebabkan Keasaman

Kopi tanpa kafein ditemukan mampu meningkatkan konsentrasi serum gastrin. Gastrin adalah hormon yang memicu pelepasan asam lambung. Ketika ini terjadi secara berlebihan, maka hal itu bisa menyebabkan gejala keasaman.

4. Mengganggu Penyerapan Zat Besi

Kopi, secara umum, mengandung asam klorogenat, dan begitu pula kopi tanpa kafein. Asam klorogenik ditemukan mampu menghambat penyerapan zat besi nonheme (nabati).

5. Menyebabkan Sakit Kepala Dan Mengantuk

Individu yang mengonsumsi kopi secara teratur mungkin sering mengalami sakit kepala, mengantuk, dan bahkan kelelahan ketika diberikan kopi tanpa kafein.

Kekhawatiran lain yang mungkin terjadi adalah penggunaan metilen klorida dalam proses dekafeinasi. Beberapa penelitian mengatakan bahan kimia tersebut bisa memperlambat sistem saraf pusat, yang menyebabkan sakit kepala, kantuk, dan mual.(fny/jpnn/PUL)



Berita Terkait

Life Style
Merokok Sambil Minum Kopi Dobel Bahayanya Bagi Jantung ?
24-08-2020 | 10:43 wib

Life Style
Efek Samping Minum Kopi tanpa Kafein untuk Kesehatan
19-06-2020 | 20:10 wib

Life Style
Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong, ini 5 Dampaknya
21-05-2020 | 23:15 wib

Peristiwa
Pengunjung Warung Kopi Cetol di Pasar Gondanglegi Dibubarkan...selanjutnya
25-03-2020 | 18:16 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062