Bekerja Sebagai Mekanik Sepi Mencari Kutu Air Bernilai Fantastis
Polisi Ungkap 10 Kasus Narkoba Dan Mengamankan Belasan Tersangka
Untuk Beli Susu Anak, Ojol Nekat Curi Sepeda Bermerek
Jual Beli Online Motor Lewat Medsos, Bilang Nyoba Malah Dibawa Kabur
Ubah Pandemi Jadi Rejeki
Pantai Biru, Tempat Sampah Disulap Menjadi Wahana Wisata Baru di Bangkalan



Life Style
Berikut Manfaat Kopi untuk Kesehatan Hati
Minggu, 19-07-2020 | 22:16 wib
Reporter :
Foto dok pojokpitu.com
pojokpitu.com Tren mengonsumsi kopi semakin menjamur di masyarakat Indonesia. Ini salah satunya dibuktikan dengan bermunculannya kedai-kedai kopi ala kekinian. Namun rupanya, bukan sekadar tren, ada juga manfaat kopi untuk hati atau lever, lho! Tidak percaya?
Faktanya, menjaga kesehatan hati bisa dilakukan dengan minum kopi. Sebuah laporan menunjukkan kalau menurunnya risiko penyakit hati dapat dipengaruhi oleh berapa banyak jumlah kopi yang diminum.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Hati
Menurut laporan dari Coffee and Health, konsumsi 3-5 cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko kerusakan hati. Laporan tersebut mengungkapkan, kandungan kopi dapat menurunkan risiko penyakit hati (penyakit lever) hingga 70 persen.

Untuk diketahui, penyakit hati kronis atau tahunan adalah salah satu penyebab kematian yang paling umum di Amerika Serikat.  Diperkirakan, 31 ribu orang di AS meninggal akibat sirosis setiap tahun. Hal ini dipicu oleh tingginya konsumsi alkohol, kalori, dan lemak.Nah, seperti sudah disinggung sebelumnya, minum kopi bermanfaat untuk kesehatan hati  dan mengurangi risiko penyakit tersebut. Bagaimana bisa?

Kopi mengandung kafein. Saat mencerna kafein, tubuh juga membentuk zat kimia yang disebut paraxanthine. Senyawa ini akan memperlambat pertumbuhan jaringan parut dalam fibrosis hati. 

Proses tersebut akan membantu melawan terjadinya kanker hati, sirosis terkait alkohol, perlemakan hati, serta hepatitis C. Termuan itu juga didukung oleh penelitian Modi et al. Mereka menyebutkan, ada hubungan antara konsumsi kopi harian dengan tingkat beratnya fibrosis hati pada penderita penyakit hati kronis. 

Menurut peneliti, minum 1-2 cangkir kopi dikaitkan dengan menurunnya angka fibrosis hati. Dua bahan kandungan dalam kopi, yaitu Kahweol dan Cafestol juga diketahui bersifat anti-kanker. Mengonsumsi kopi tanpa gula sebanyak 3-4 cangkir per hari dapat membantu pemulihan karsinoma hepatoseluler, di samping obat utama.

Meski demikian, belum ada penelitian mendalam mengenai dosis yang tepat untuk mendapatkan manfaat minum kopi tersebut. Selain itu, kandungan asam di dalam kopi dapat bekerja melawan virus penyebab hepatitis B. Seperti dilaporkan sebuah studi, kopi dapat memberikan manfaat yang sama baik terhadap wanita maupun pria secara setara.

Meskipun cara penyajian kopi dapat berbeda-beda, baik disaring, instan, ataupun espresso, semuanya dapat memberikan manfaat yang sama.(klikdokter)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062