Bangun Sinergitas, TNI Polri Latihan Menembak Bersama
Agar Mudah Diterima, Edukasi Masker Pakai Tokoh Kartun Batman
Gandeng Wartawan, BPBD Jatim Sosialisasikan Prokes
KPU Sidoarjo Seleksi 127 Calon Relawan Demokrasi
Musim Panen Harga Bawang Merah Anjlok Drastis, Terdampak Merebaknya Covid-19
Pemkab Akan Undang Investor Dirkan Pabrik Rokok di Ngawi
Pemaparan Sosialisasi Perbawaslu Dimusim Pandemi Dihadapan Seluruh Petugas PPK
Sehari 9 Sembuh, Tapi Ada Tambahan 12 Positif Covid-19
Diperpanjang Hingga 2021, Sebanyak 1.085.000 Pekerja Sudah Terima BSU
Kasek dan Guru SMAN 2 Ngawi Terpapar Covid-19
Bupati Novi Kembali Digugat 15 Miliar Atas Dugaan Penyerobotan Tanah Warga
Krisis Air Bersih,Warga Berebut Air Bantuan Pemkab



Hukum
Tujuh Perangkat Desa Gugat Kepala Desa Karena Dipecat Tanpa Sebab
Selasa, 28-07-2020 | 18:12 wib
Reporter : Mujianto Primadi
Sidang gugatan penghentian secara sepihak tujuh perangkat Desa Nyalabu Daya Kecamatan Kota Pamekasan Kabupaten Pamekasan oleh kepala desa, siang tadi memasuki agenda keterangan saksi mantan camat dan mantan kepala desa atas permintaan penggugat.
Sidoarjo pojokpitu.com  Seorang Kepala Desa Nyalabu Daya Kecamatan Kota Pamekasan Madura, digugat oleh tujuh perangkat desanya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Provinsi Jawa Timur. Alasan tujuh perangkat desa menggugat kepala desa yang baru empat bulan menjabat, karena tidak ada dasar yang jelas atas pemecatan itu. Pihak kuasa pengguat menghadirkan dua saksi mantan kepala desa dan mantan camat Kota Pamekasan, Madura.
Sidang gugatan penghentian secara sepihak tujuh perangkat Desa Nyalabu Daya Kecamatan Kota Pamekasan Kabupaten Pamekasan oleh kepala desa, siang tadi memasuki agenda keterangan saksi mantan camat dan mantan kepala desa atas permintaan penggugat.
 
Ni Nyoman Vidia Ayu SH, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) meminta kepada kuasa hukum penggugat, Achmad Supiadi SH menghadirkan dua saki dari mantan Kepala Desa Nyalabu Daya Mohamad Takrib dan mantan Camat Kota Pamekasan, Saudi Rahman ke ruang sidang.
 
Di hadapan ketua majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara, Saudi Rahman, mantan camat Kota Pamekasan di hadapan ketua majelis hakim, Ni Nyoman Vidia Ayu SH menjelaskan, pihaknya sudah melakukan tindakan sesuai fungsi camat, bahwa pengangkatan dan menghentikan perangkat desa menjadi tanggung jawab kepala desa, tetapi perlu ada keterangan yang jelas, seperti melanggar hukum, meninggalkan fungsinya dan lain sebagainya.
 
Selain itu, pihaknya juga pernah meminta mengembalikan tujuh perangkat desa tersebut sesuai bidangnya, namun Kepala Desa Nyalabu Daya bersikukuh menolak, dengan alasan desakan para tokoh masyarakat dan para pendukungnya.
 
"Jika kepala desa telah melanggar perda yang mengatur tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, maka kepala desa tersebut akan diberikan sanksi," kata Saudi Rahman

Selain itu, pihaknya juga menambahkan bahwa camat setempat tidak pernah memberikan surat rekomendasi penghentian perangkat desa dan tidak pernah menerima surat tembusan penghentian perangkat dari kepala desa.(end)


Berita Terkait

Hukum
Tidak Terbukti Penyerobotan Rumah, Terdakwa Langsung Sujud ...selanjutnya
16-04-2020 | 17:21 wib

Hukum
Gugatan Mantan 3 Direksi PDAM Ditolak
31-01-2017 | 18:01 wib

Hukum
Berdalih File Amar Putusan Hilang, Sidang Gugatan Eksekusi D...selanjutnya
07-01-2017 | 15:00 wib

Hukum
Tahap Pembuktian Sidang Gugatan Pemkot, Hakim Minta Berkas D...selanjutnya
07-06-2016 | 23:21 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062