Susur Sungai, Bupati Temukan Sampah Popok Bayi Potensi Mencemari
Polisi Gelar Rekontruksi Kasus Pengeroyokan Berujung Kematian
Derita Bocah 5 Tahun, Setelah Kaki Kanannya Harus Diamputasi
Pasca Kiyai Kampung Tarik Dukungan, Wakil Ketua Pemenangan Kelana Angkat Bicara
Warga Dihebohkan Penemuan Kerangka Manusia di Lahan Pohon Jati
Diduga Langgar Netralitas, ASN di Banyuwangi Dilaporkan ke Bawaslu
Polisi Temukan Sapi Korban Pencurian
Kelabui Petugas, Miras Disembunyikan di Ladang Jagung
Pembelajaran Tatap Muka, Dindik Cek Kesiapan Sekolah
Paslon 2 Machfud-Mujiaman Siapkan 12 Ribu Saksi Tangguh Maju
Pemerintah Jatim Terus Mengelar Sinergi Forkopimda Untuk Ciptakan Pilkada Aman Damai
Razia Kos, Petugas Ciduk 11 Pasangan Mesum yang Asik Berduaan di Kamar
Penyekatan Massa Demo di Depan Gedung DPRD
Dua Rumah dan Satu Gudang Penyimpanan Solar Ludes Terbakar
Jelang Unras Omnibus Law, 61 Titik Dijaga Petugas Keamanan Gabungan



Life Style
Kena PHK Akibat Pandemi, Ini Tips Cari Modal Jika Tak Punya Tabungan
Minggu, 30-08-2020 | 15:50 wib
Reporter :
(Foto: Pixabay)
pojokpitu.com Krisi kesehatan pandemi Covid-19 telah mengganggu aktivitas kehidupan hingga mengganggu aktivitas perekonomian. Banyak orang yang kehilangan pekerjaannya karena perusahaan tak mampu membayar gaji sehingga terpaksa melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
Meskipun pekerjaan hilang, tapi kehidupan harus tetap berjalan. Banyak orang yang menjadi wirausaha dengan dagang kecil-kecilan untuk menyambung hidup. Mereka yang memiliki tabungan dan dana darurat dapat dengan tenang melakukannya. Akan tetapi, bagi yang tidak punya tabungan sama sekali merupakan hal yang sangat berat.

Mengutip situs resmi Cermati.com, terdapat beberapa tips untuk mendapat akan modal bisnis di tengah pandemi.

1. Pakai Dana Jaminan Hari Tua (JHT)

Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan dapat dicairkan. Uang tersebut berasal dari gaji yang dipotong setiap bulan oleh perusahaan. Jika sudah bekerja bertahun-tahun, saldo JHT bisa mencapai belasan sampai puluhan juta rupiah. Anda dapat mengklaim 100 persen JHT ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Tapi kalau tercatat masih bekerja, saldo JHT paling bisa cair 10 persen atau 30 persen saja.

Syaratnya dengan melampirkan dokumen yang diperlukan, seperti surat keterangan bekerja, fotokopi kartu BPJS Ketenagajerhaan, KTP, KK, dan buku rekening tabungan. Lumayan kan, dana segar dari JHT dapat Anda putar untuk modal bisnis tanpa perlu pinjam sana sini.

2. Ajak Keluarga atau Sahabat Tanam Modal

Cara lain untuk mencari sumber pendanaan usaha adalah dengan mendatangi orang-orang terdekat seperti keluarga, saudara, atau sahabat yang dipercaya. Ajak mereka untuk menjadi investor pada bisnis. Yakinkan bahwa bisnis yang akan digeluti memiliki prospek menjanjikan. Jika tidak memungkinkan orang-orang terdekat menanamkan modal, jalan yang dapat ditempuh adalah meminjam.

Biasanya kalau berutang dengan keluarga atau saudara, bahkan teman sendiri bebas dari bunga pinjaman maupun denda keterlambatan.

3. Ngutang ke Bank atau Pinjol

Utang untuk sesuatu yang produktif sebetulnya sah-sah saja. Termasuk untuk urusan bisnis. Anda dapat mengajukan kredit usaha ke bank. Jenisnya tergantung kebutuhan, baik itu Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbunga ringan, Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Multiguna (KMG) berplafon besar dengan jaminan.

Perlu diingat, meminjam ke bank, berarti harus siap untuk membayar bunganya. Disiplin membayar cicilan setiap bulan sampai lunas. Jika tidak, konsekuensinya disatroni debt collector hingga aset melayang. Pinjaman online alias pinjol juga bisa menjadi solusi modal usaha.

Kini perusahaan penyedia jasa pinjol bertebaran. Tapi jangan asal, karena banyak fintech bodong. Mau aman, pilih perusahaan fintech yang terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Ikut Kompetisi Bisnis

Jika punya ide atau inovasi bisnis yang keren, out of the box, bisa ikutan kompetisi yang diadakan kementerian atau lembaga maupun pihak swasta. Biasanya ada hadiah menggiurkan, seperti uang tunai untuk modal usaha, dibantu promosi atau pemasaran hingga penawaran kerja sama bisnis.

Namanya kompetisi, berarti tidak sendiri. Akan ada bersaing dengan wirausaha muda pemula lain yang pastinya punya ide bisnis brilian. Selain berkesempatan membawa hadiah, juga akan mendapat pengalaman berharga lewat ajang tersebut dan berguna untuk membangun bisnis.



Berita Terkait

Ekonomi Dan Bisnis
Banyak PHK Saat Pandemi, Jatim Deflasi 0,12 Persen
05-05-2020 | 20:13 wib

Ekonomi Dan Bisnis
Dampak Corona 725 Dirumahkan dan 120 Karyawan Kena PHK
01-05-2020 | 14:24 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062