Lima Tersangka Pengeroyokan Ditangkap, Dua di Antaranya Masih di Bawah Umur
Dokter Pamekasan Meninggal Dunia Setelah Terpapar Covid-19



Malang Raya
Petani Mulai Berkeluh Kesah Kesusahan Cari Pupuk Subsidi
Rabu, 16-09-2020 | 07:10 wib
Reporter : Khaerul Anwar
Musim tanam usai panen, para petani membutuhkan asupan pupuk untuk menyuburkan persawahan mereka, yang kini harus dipusingkan dengan langkanya pupuk bersubsidi dipasaran. Foto: Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com   Pupuk buat pertanian semakin langka dan susah dalam mencari pupuk subsidi bagi petani kecil yang berharap harga murah. Bahkan, seorang petani harus mencari di lain daerah untuk bisa membuat tanaman mereka subur dan bisa panen dengan hasil maksimal, yang kini terpaksa harus membeli pupuk non subsidi yang harganya bisa tiga kali lipat.
Pupuk bersubsidi yang ada dikisaran harga 95 ribu per kwintalnya, kini susah dicari, dibarengi program pinjaman bni untuk petani yang sudah tidak keluar buat mereka petani kecil didesa-desa.

Seorang petani bernama Muhammad Qosim, harus rela lalu lalang kedaerah lain untuk mencari keberadaan pupuk bersubsidi, namun tidak kunjung menemukan, dan jika ada kisaran harga 115 ribu perkwintalnya.

Sementara itu, untuk pupuk non subsidi, harga sudah mencapai 3 kali lipat pupuk bersubsidi atau dikisaran 300 ribu per kwintal, sedangkan sawah mereka butuh diberikan pupuk pada masa penyemaian saat ini.

Qosim juga harus rela membeli pupuk non subsidi yang harganya Rp 300 ribu perkwintalnya, dan untuk pupuk bersubsidi jenis ZA, urea dan sebagainya milik petrokimia sudah langka dipasaran yang membuat dirinya harus memutar otak untuk bisa tetap bercocok tanam.

Dirinya juga berharap, pinjaman dari bank juga dibuka kembali untuk bisa memperlancar penyediaan pupuk dikala langka dan juga untuk keperluan perawatan dalam bercocok tanam disawah.

Sementara itu, petrokimia yang memiliki cabang dibeberapa daerah juga menyediakan pupuk untuk keperluan beberapa kecamatan yang ada, dimana orang luar daerah akan sulit mendapatkan pupuk tersebut. (yos)



Berita Terkait

Peristiwa
Pupuk di Bangkalan Langka dan Dijual di Atas HET
23-11-2020 | 18:04 wib

Ekonomi Dan Bisnis
Antrean Panjang Petani di Kios Pupuk, Petani Kecewa Tak Keba...selanjutnya
19-11-2020 | 22:23 wib

Peristiwa
Disperta Ponorogo Klaim Program POC Mampu Tingkatkan Kualita...selanjutnya
19-11-2020 | 05:26 wib

Peristiwa
Pupuk Subsidi di Ponorogo Aman
17-11-2020 | 18:05 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062