Polisi Ungkap 10 Kasus Narkoba Dan Mengamankan Belasan Tersangka
Untuk Beli Susu Anak, Ojol Nekat Curi Sepeda Bermerek
Jual Beli Online Motor Lewat Medsos, Bilang Nyoba Malah Dibawa Kabur
Ubah Pandemi Jadi Rejeki
Pantai Biru, Tempat Sampah Disulap Menjadi Wahana Wisata Baru di Bangkalan



Metropolis
Wisata Makam Warna Warni
Sabtu, 19-09-2020 | 07:30 wib
Reporter : Mujianto Primadi
Pohon kamboja yang dicat warna warni ini bukanlah tempat wisata. Namun, ini bertempat di area pemakaman Desa Balong Dowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo. Foto: Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com   Berawal dari menghilangkan kesan angker area makam Desa Balong Dowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo, dicat warna warni layaknya tempat obyek wisata. Tak hanya itu, area makam tersebut juga dilengkapi 40 lampu dan dibangun pagar mirip benteng kerajaan majapahit. Kondisi inipun membuat jumlah warga yang berziarah di makam warna warni meningkat.
Keunikan area pemakaman desa ini tidak sampai disitu, hampir semua batu nisan juga di cat warna warni.  Nampak lebih dari 5 jenis warna terdapat didalam area pemakaman yang memiliki luas sekitar delapan ratus persegi.
 
Pagar area makam juga di buat mirip benteng kerajaan majaphit, sehingga menambah keindahannya.  Sebanyak empat puluh lampu, yang dipasang di pagar, kian menambah keindahan di area makam.
 
Kondisi ini membuat warga yang memiliki kerabat maupun keluarga yang di makamkan di area pemakaman balong dowo, merasa nyaman saat berziarah.
 
Kosim, juru kunci makam balong dowo, menerangkan, pembangunan area makam ini sendiri dilakukan sejak satu tahun lalu. Namun, baru dicat warna warni pada bulan Mei lalu. "Warna cat warna warni dilakukan untuk menghilangkan kesan angker, sehingga masyarakat tidak lagi takut untuk pergi berziarah di makam," terangnya.
 
Biaya untuk mengecat dan membangun area makam, didapat secara swadaya warga Desa Balond Dowo, tanpa ada bantuan dari pihak desa.
 
Pengunjung di area makam setelah dilakukan pengecatan meningkat dibandingkan sebelumnya. Bahkan, sampai tujuh ratus orang ketika pada hari kamis malam jumat.  Mereka tidak saja berziarah, banyak juga warga datang hanya untuk berselfi di luar makam.



Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062