Pernyataan Mahfud MD soal Omongan Presiden Prancis Emmanuel Macron
Volkswagen Dapat Untung dari Pembeli Mobil Mewah
Jokowi Kecam Keras Presiden Prancis Emmanuel Macron



Tapal Kuda Dan Madura
Krisis, BPBD Probolinggo Droping Air Bersih
Sabtu, 19-09-2020 | 16:00 wib
Reporter : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com  Saat ini Kabupaten Probolinggo tengah menghadapi musim kemarau. yang terjadi sejumlah wilayah mengalami krisis air bersih.
Untuk memenuhi pasokan air di wilayah pegunungan, badan penanggulangan bencana setempat rutin menyuplai air bersih ke warga terdampak.

Salah satu desa yang terdampak mengalami krisis air bersih adalah Desa Gunung Geni, Kecamatan Banyuwanyar, Kabupaten Probolinggo. Di desa ini dihuni sekitar 4 ribu jiwa, selama musim kemarau, tepatnya selama 7 bulan ini, desa yang berada dipegunungan ini kesulitan air bersih.

Untuk memenui kebutuhan air bersih, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Probolinggo, menyuplai air bersih ke desa ini.

Hanya dalam sekejab, warga sudah mengantri menggunakan jeriken, biasanya warga harus kembali beberapa kali untuk menyetok air di rumah masing-masing.

Meski harus antri, warga tetap mematuhi protokol kesehatan selalu mengenakan masker. Mengingat, sampai saat ini jumlah orang terpapar covid 19 di Kabupaten Probolinggo meningkat tajam.

Menurut Sumiati, warga setempat, jika mengambil air disumur bor, harus berjalan sejauh 2 kilo meter. Air yang disuplai BPBD ini ditandon, untuk kebutuhan masak dan cuci.

Abdullah, Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Probolinggo, mengatakan, pihaknya menyuplai air bersih di desa gunung geni sebanyak 11 ribu liter yang terbagi menjadi 2 truk, dengan kapasitas 5 ribu liter, dan 6 ribu liter. "Masing-masing truk menyuplai di lokasi berbeda yang berada di Desa Gununggeni," jelasnya.

Diketahui, saat musim kemarau ini, ada sejumlah kecamatan yang rawan kekeringan hingga terjadinya krisis air berish. Desa-desa tersebut berada di wilayah pegunungan, seperti Kecamatan Sumber, Kuripan, Wonomerto, Banyuanyar, Sukapura, Lumbang, dan beberapa kecamatan lainnya. (yos)


Berita Terkait

Peristiwa
Sulit Air Bersih, Warga Mengais Air Berlumpur Untuk Dikonsum...selanjutnya
20-10-2020 | 21:15 wib

Peristiwa
Musim Penghujan Tiba, Masih Ada 28 Desa Minta Droping Air Be...selanjutnya
14-10-2020 | 20:10 wib

Peristiwa
Lima Kecamatan Terdampak Krisis Air Bersih, BPBD Lakukan Dro...selanjutnya
13-10-2020 | 09:23 wib

Peristiwa
BPBD: Belum Ada Desa Ajukan Bantuan Air Bersih
08-10-2020 | 19:10 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062