Pernyataan Mahfud MD soal Omongan Presiden Prancis Emmanuel Macron
Volkswagen Dapat Untung dari Pembeli Mobil Mewah
Jokowi Kecam Keras Presiden Prancis Emmanuel Macron



Metropolis
Serunya Ibu-Ibu Memanen Sayuran Hidroponik di Lahan Kampung Sendiri
Sabtu, 19-09-2020 | 21:07 wib
Reporter : Nanda Andrianta
Seperti inilah aksi ibu-ibu di lingkungan jalan ikan dorang, tepatnya di rt 10 RW Tiga Kelurahan Perak Barat, Kecamatan Krembangan Surabaya, saat memanen hasil pertaniannya di lahan sempit kampung mereka sendiri. Foto: Nanda Andrianta
Surabaya pojokpitu.com   Di musim pandemi ini apa anda punya kegiatan positif yang bisa digunakan untuk mengisi waktu luang. Jika belum ada, kegiatan menanam sayuran hidroponik tentunya dapat menjadi pilihan.
Seperti yang dilakukan ibu-ibu di Jalan Ikan Dorang, Kecamatan Krembangan Surabaya, yang hari ini sedang panen besar aneka sayuran hidroponik, khususnya komoditas selada. Selain menjadi ajang mengisi waktu luang, menanam sayuran hidroponik juga dianggap menjadi sarana ampuh, mengaplikasikan konsep ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah di masa pandemi covid-19.

Kegiatan menanam dan memanen yang dilakukan kelompok wanita tani ini tak hanya dianggap sebagai pengisi waktu luang. Namun juga untuk mendukung program ketahanan pangan untuk mengatasi dampak covid-19.

Sebab sayuran-sayuran hidroponik ini ditanam oleh mereka sendiri dan hasil panennya juga dinikmati oleh seluruh anggota kelompok tani tersebut, lalu sebagian di jual ke para pembeli yang biasanya sudah memesan via online.

Vivi Oktavianti, Ketua Kelompok Wanita Tani Dorang Cinta, mengatakan, selama seminggu ia dan puluhan anggota yang tergabiung dalam kelompok wanita tani dorang cinta bisa menanen sayuran hidroponiknya sebanyak tiga kali dalam seminggu.

"Bahkan saat panen tiba puluhan kilogram sayuran dari berbagai komoditi, seperti selada, kangkung hingga pakcoi berhasil dipanen. Saat ini kita tengah memanen selada air dan akan menanen komoditas lain," kata Oktavianti.

Tak hanya selada air yang hari ini dipanen, ada komoditi sayuran seperti pakcoi hingga kangkung hidroponik juga dipanen. Semua sayur-sayuran itu kemudian dikemas dan siap dijual via media sosial dan langsung di antar kerumah pemesan. (yos)



Berita Terkait

Rehat
Peringati Hari Tani, Lapas Bojonegoro Gelar Pelatihan Budida...selanjutnya
26-09-2020 | 04:06 wib

Metropolis
Serunya Ibu-Ibu Memanen Sayuran Hidroponik di Lahan Kampung ...selanjutnya
19-09-2020 | 21:07 wib

Sosok
Polisi Bertani Sayur Hidroponik Saat Kesibukan Tugas
01-07-2020 | 22:15 wib

Life Style
Yuk Belajar Menanam Tanaman Hidroponik, Ini Caranya
22-06-2020 | 08:13 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062