Menjawab Ejekan, Microsoft Bagi-Bagi Kulkas Berbentuk Xbox
Pernyataan Mahfud MD soal Omongan Presiden Prancis Emmanuel Macron
Volkswagen Dapat Untung dari Pembeli Mobil Mewah
Jokowi Kecam Keras Presiden Prancis Emmanuel Macron



Ekonomi Dan Bisnis
Harga Jual Ketela Anjlok, Petani Olah Jadi Gaplek
Minggu, 20-09-2020 | 06:15 wib
Reporter : Tova Pradana
Beginilah aktifitas warga Desa Durenan, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun, terlihat sedang mengupas singkong atau ketela pohon untuk dijadikan gaplek. Foto: Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com   Memasuki musim panen raya, harga ketela di kawasan lereng Gunung Wilis, Kabupaten Madiun, sangatlah rendah. Untuk meningkatkan harga jual ketela pohon, para petani pun mengubahnya menjadi gaplek atau ketela dalam bentuk kering.
Seperti aktifitas warga Desa Durenan, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun, terlihat sedang mengupas singkong atau ketela pohon untuk dijadikan gaplek. Pengolahan dengan cara sederhana ini dilakukan, tak lain untuk meningkatkan harga jual singkong atau ketela pohon yang harga jualnya sangat rendah pada panen raya tahun ini.

Sumiati, salah seorang petani singkong warga setempat mengatakan, pada panen raya tahun ini harga jual singkong atau ketela pohon basah hanya Rp 500 sampai Rp 600 perkilogramnya. Dengan mengolahnya menjadi gaplek, maka harga jual dapat meningkat menjadi Rp 1.700 perkilogramnya. "Harga jual singkong basah maupun gaplek kering pada tahun ini, jauh lebih rendah dari tahun sebelumnya," terangnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Simpen, warga setempat, jika tahun lalu singkong basah bisa mencapai Rp 2.000 dan gaplek kering mencapai Rp 3.000 erkilogram, kini gaplek kering dari petani hanya laku dengan harga tertinggi Rp 1.700 rupiah perkilogram. "Artinya, penurunan harga tersebut mencapai hampir 50 persen," tutur Simpen.

Para petani menduga penurunan harga ini selain karena stok panen yang melimpah, juga merupakan imbas dari pandemi covid 19. Meski tengah menurun, rencananya gaplek dari desa durenan ini, tetap akan dikirim ke sejumlah pabrik pengolahan krupuk, yang berada di wilayah Jawa Timur. (yos)



Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062