4 Macam Bahan Kampanye yang Difasilitasi KPU, Resmi Diserahkan ke Paslon
Pelaku Pembobol Rumah Ditembak Polisi
Hari Santri Melukis Resolusi Jihad di Atas Kanvas 10 Meter
Terapkan Aplikasi Cashless Meeber Walikota Mojokerto Resmikan Pasar Benteng Pancasila
Banteng Lawas Turun Gunung Dukung Eri Cahyadi - Armuji
Hilang Kendali Truk Tronton Tabrak Pohon, Sopir Tewas Terjepit
Diduga Telah Diculik Beberapa Waktu Lalu, Mayat Balita Ditemukan di Sungai Bululawang
Warga Hentikan Truk Proyek Perumahan Mutiara City
Peringati Hari Santri, Satlantas Polres Lamongan Gratiskan SIM Bagi Para Santri
Seorang Pria Bayar Pajak Kendaraan Dengan Uang Koin
Latihan Bersama Arema FC dan Madura United Dihentikan di Menit 75
Hujan Deras, Atap SMPN 1 Mantingan Ngawi Roboh
Machfud Prioritaskan Rakyat, Pemuka Agama Doakan Jadi Walikota
Peringatan Hari Santri, MWC NU Terapkan Prokes
Pelaku Pembuangan Bayi Di Pinggir Pagar Puskesmas Berhasil Ditangkap



Malang Raya
Respon Tak Maksimal, Kominfo Desak Pemda Buka Mata Masukan Dari Masyarakat
Sabtu, 17-10-2020 | 20:08 wib
Reporter : Rafli Firmansyah
Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika berkomitmen untuk melakukan pendampingan kepada pemerintah kabupaten dan kota dalam pelaksanaan dan penerapan pelaporan aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (lapor). Foto: Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com  Pemerintah Provinsi Jawa Timur, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), terus melakukan pendampingan kepada pemerintah kabupaten dan kota dalam pelaksanaan dan penerapan pelaporan aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi Oengaduan Online Rakyat (Lapor).Pemerintah Provinsi Jawa Timur, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), terus melakukan pendampingan kepada pemerintah kabupaten dan kota dalam pelaksanaan dan penerapan pelaporan aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi Oengaduan Online Rakyat (Lapor).
Aplikasi SP4N lapor ini merupakan sarana interaktif masyarakat dan pemerintah berbasis media sosial untuk pengawasan terkait pelayanan publik. Aplikasi ini dikelola oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Masyarakat dapat menyampaikan masukan dan saran melalui SP4N lapor yang merupakan aplikasi buatan Kemenpan RB. Program tersebut juga diberlakukan secara berjenjang pada pemerintah pusat provinsi dan kabupaten kota.

Agar program tersebut berjalan secara maksimal, Kepala Dinas Kominfo Jatim, Benny Sampirwanto meminta pada seluruh instansi pemerintah baik organisasi perangkat daerah Pemprov Jatim dan Pemkab serta Pemkot di Jatim agar merespon masukan dari masyarakat.hal tersebut disampaikan saat membuka rakor sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional lapor di Kota Batu.

Benny menyampaikan, rakor kali ini digelar untuk melakukan pembinaan karena masih ada kabupaten kota yang belum maksimal dalam  menindaklanjuti aduan masyarakat. dengan menghadirkan sejumlah narasumber yakni kepala perwakilan ombudsman RI provinsi Jawa Timur, Agus Widiyarta dan analis kebijakan muda Kemenpan RB, Rosikin, Kominfo Jatim berharap agar pemerintah daerah bisa memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya terkait masukan dan kritik melalui aplikasi SP4N lapor.

Sementara, analis kebijakan muda Kemenpan RB, Rosikin menambahkan, minimnya pelayanan pemerintah daerah terhadap masukan dan kritik dari masyarakat melalui SP4N lapor, disebabkan oleh sejumlah faktor. "Salah satunya adalah sistem pengelolaan dan komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat," jelasnya.

Berdasarkan data, dari 38 kabupaten kota di jawa timur,terdapat 10 kabupaten dan kota yang memiliki respon terkait tindak lanjut aduan masyarakat kurang dari 50 persen. Bahkan, juga terdapat 4 kabupaten kota yang sama sekali tidak menanggapi atau nol persen dalam menindaklanjuti aduan dari masyarakat. (yos)



Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062