Penipuan Bermodus Investasi Forex, Dibongkar Polda Jatim
Penempatan Tapal Batas Kabupaten Madiun Mengacu Pada Permendagri No. 141/2017



Infotainment
Sutradara Wanita? Begini Kata Joko Anwar
Senin, 16-11-2020 | 10:38 wib
Reporter :
Sutradara Joko Anwar
Jakarta pojokpitu.com  Jumlah sutradara di Indonesia diketahui didominasi oleh laki-laki. Sudut pandang dari kaum adam pun otomatis lebih mewarnai industri perfilman kita saat ini.
Supaya ada perspektif lebih kaya dari sisi kaum perempuan, sejumlah orang menilai Indonesia masih membutuhkan lebih banyak sutradara perempuan. Sutradara Joko Anwar sependapat dengan hal tersebut.

Dia menilai, perspektif perempuan dalam industri film Indonesia memang sangat dibutuhkan. Supaya ke depannya film-film nasional jadi lebih kaya dan memberikan perspektif berimbang. Dia pun berharap lebih banyak perempuan berprofesi sebagai sutradara.

"Sangat penting (perspektif perempuan dalam sebuah karya film)," ujar Joko Anwar kepada media Sabtu (14,11).

Joko mengamati, kendati sutradara perempuan secara kuantitas lebih sedikit dibandingkan laki-laki, namun mereka cukup mewarnai industri perfilman. Sejumlah sutradara perempuan pun dianggapnya sudah cukup bagus dalam mengeksekusi sebuah karya. Mereka adalah Nia Dinata, Mouly Surya, Kamila Andini, Upi, Djenar Maesa Ayu, Sammaria Simanjuntak, Lola Amaria, Gina S Noer, Lasja Susatyo, Ucu Agustin, dan lainnya.

"Secara jumlah memang lebih sedikit dibanding sutradara laki-laki. Tapi sutradara perempuan kita jago-jago semua. Lebih bagus dari sutradara laki-laki," puji Joko Anwar.

Senada dengan yang disampaikan sutradara film Perempuan Tanah Jahanam itu, sutradara Mouly Surya menyatakan munculnya bibit-bibit baru sutradara perempuan memang diperlukan. Di awal kariernya, ia sempat memiliki pandangan tidak mau terjebak pada stereotype gender.

"Sutradara ya sutradara, tidak perlu dilihat dari sudut pandang gender," katanya.

Namun setelah mengeksekusi karya film dengan kapasitas sebagai sutradara, Mouly mulai menyadari akan pentingnya sutradara perempuan. "Ketika perempuan punya suara, kita bisa mengubah sudut pandang masyarakat," ucap Mouly Surya dalam sebuah diskusi via daring beberapa waktu lalu.




Berita Terkait

Infotainment
Ditampar Christine Hakim, Desy Ratnasari Nangis
11-10-2020 | 20:19 wib

Infotainment
Belum Pernah Tayang di Bioskop, 7 Film Ini Hadir di Platform...selanjutnya
05-10-2020 | 00:20 wib

Rehat
Mengenal Dua Ulama Besar Pendiri NU dan Muhamadiyah Melalui ...selanjutnya
26-09-2020 | 20:10 wib

Infotainment
Ini Dia Deretan Film Pendek Indonesia Yang Layak Ditonton
27-08-2020 | 19:29 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062