Onde - Onde Oven Oleh - Oleh Khas Mojokerto Makin Diminati Banyak Orang
Berburu Rupiah Dengan Budidaya Lebah Madu Klanceng
Didukung Para Kyai, Mas Dhito Semakin Mantab Hadapi Pilkada
Petani Resah Pupuk Bersubsidi Kian Langka Akibat Terbatasnya Stok
Sedimentasi Waduk Selorejo, Perum Jasa Tirta Lakukan Penyedotan Lumpur
Soal Ringroad Timur, Ketua DPRD Minta Maidi dan Kaji Mbing Bertemu
Pemkab Ingin Pertahankan Titik Koordinat PABU 024 Sesuai Permendagri



Mlaku - Mlaku
Asyiknya Melihat Kura Kura Bertelur di Pantai Sukamade Meru Betiri
Jum'at, 20-11-2020 | 12:37 wib
Reporter : Ayul Anhdim
Surabaya pojokpitu.com  Pantai Sukamade yang ada di Taman Nasional Meru Betiri memiliki panorama tersendiri di Jawa Timur. Di pantai ini hampir setiap malam adanya kura kura yang berukuran panjang 1 meter bertelur. Kamis malam, tim wisata edukasi tematik nusantara yang bertema Eco Adventure diberikan kesempatan melihat kura kura bertelur. Kesempatan tersebut dibilang sangat langka, bahkan para peserta diberikan kesempatan untuk memegang langsung telur kura kura.
Pantai Sukamade yang ada di Taman Nasional Meru Betiri menjadi taya tarik tersendiri di Jawa Timur. Pantai ini sebagai tempat bertelur kura - kura, hampir setiap malam ada kura - kura hijau, kura - kura belimbing, kura lekang dan kura sisik yang berukuran besar panjang hampir 1 meter lebih bertelur di pantai ini. 

Namun untuk mendapatkan secara langsung kura - kura bertelur kita harus sabar menanti, bila beruntung jam 8 malam, kita sudah berhasil mendapatkan kura - kura bertelur namun bila belum mendapatkan keberuntungan, kita tidak bisa menjumpai kura kura pada saat bertelur.

Tim Eco Adventure dari Kementerian Pariwisata saat berkunjung ke Pantai Sukamade yang ada di Taman Nasional Meru Betiri, mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung kura - kura bertelur di malam hari. Bahkan peserta diberikan kesempatan untuk memegang telur kura - kura setelah telur diangkat dari sarangnya untuk dibawa ke tempat penangkaran yang tidak jauh dari Pantai Sukamade.

Untuk berburu kura - kura bertelur, dilarang menyalahkan lampu sedikit pun sampai benar - benar kura kura selesai bertelur dan petugas yang akan memberikan penerangan, karena bila kura - kura melihat ada cahaya kura-kura akan kembali lagi ke laut.

Setelah telur kura - kura diambil dari sarangnya dan ditetaskan di tempat penangkaran selama hampir dua bulan. Anak penyu atau anak kura - kura akan kembali dilepas ke laut dan Tim Eco Adveture pun diberikan kesempatan untuk melepas penyu atau anak kura - kura pada pagi hari. 

Kepala Balai Taman Nasional Meru Betiri, Maman Suraman, menjelaskan, penangkaran atau penetasan telur kura - kura yang ada di penangkaran ini hampir 80 persen berhasil. "Setiap satu kura - kura yang bertelur bisa mencapai 150 sampai 200 telur. Penyelamatan telur kura - kura dilakukan agar tidak disantap oleh predator terutama predator manusia," kata Maman Suraman.

Dalam rangka melestarikan penyu, hampir setiap malam, petugas Balai Konservasi Penyu melakukan patroli di pantai sepanjang 7 kilometer setiap malam, mulai pukul 7 malam sampai pagi hari untuk mencari kura - kura yang bertelur dan menyelamatkannya.(end)



Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062