Berburu Rupiah Dengan Budidaya Lebah Madu Klanceng
Didukung Para Kyai, Mas Dhito Semakin Mantab Hadapi Pilkada
Petani Resah Pupuk Bersubsidi Kian Langka Akibat Terbatasnya Stok
Sedimentasi Waduk Selorejo, Perum Jasa Tirta Lakukan Penyedotan Lumpur
Soal Ringroad Timur, Ketua DPRD Minta Maidi dan Kaji Mbing Bertemu
Pemkab Ingin Pertahankan Titik Koordinat PABU 024 Sesuai Permendagri



Malang Raya
BI Dorong UMKM Sebagai Kekuatan Baru di Era Digital
Minggu, 22-11-2020 | 00:20 wib
Reporter : Ali Makhrus
Malang pojokpitu.com  Bank Indonesia senantiasa mendukung pemerintah menjadikan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian, baik di level daerah maupun nasional. Terlebih, di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, UMKM butuh kreativitas, digitalisasi, dan sinergi.
Setidaknya, terdapat tiga kunci untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sebagai kekuatan baru perekonomian di era digital. Yakni, kreativitas dengan meningkatkan nilai tambah produk UMKM, digitalisasi melalui inisiasi UMKM go digital dan integrasi ekonomi keuangan digital, dan sinergitas kebijakan nasional pusat dan daerah.

Untuk meningkatkan akses pasar UMKM, Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI). Sehingga UMKM binaan dan mitra BI didorong secara kontinyu untuk terus dapat melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar yang berorientasi ekspor, dan dapat memanfaatkan platform digital, agar dapat menembus pasar luar negeri.

Azka Subhan Aminurridho, Kepala kantor BI Malang, dalam mendukung penyelenggaraan KKI 2020, BI Malang turut menyelenggaran kegiatan pameran melalui showcasing display produk UMKM di Hotel Tugu, Kota Malang.

"Yang diikuti sebanyak 14 UMKM mitra BI Malang, sehubungan dimasa pandemi covid-19 yang masih berlangsung, seluruh rangkaian kegiatan dilakukan dengan standar protokol kesehatan yang ketat," terang Azka.

Salah satu peserta KKM asal Malang, Marliadi, mengaku, jika pameran ini membantu dirinya untuk memperkenalkan produknya secara luas. "Terlebih, kegiatan ini juga digelar secara virtual," ucapnya.

Mengingat dimasa pandemi covid-19 ini, dirinya juga menyiapkan produknya dengan harga murah, namun dengan kualitas yang baik.
Untuk diketahui, KKI 2020 ini diselenggarakan dengan konsep virtual dan dilakukan secara berseri.

Dengan digelarnya KKI 2020 ini diharapkan dapat mensosialisasikan dan mempublikasikan kepada masyarakat mengenai peran BI dalam pengembangan UMKM, khususnya ditengah pandemi covid-19. (yos)



Berita Terkait

Peristiwa
BI Dorong UMKM Sebagai Kekuatan Baru di Era Digital
21-11-2020 | 09:25 wib

Ekonomi Dan Bisnis
Libur Panjang Kemarin, Perputaran Uang di Kediri Capai Rp 10...selanjutnya
04-01-2019 | 21:13 wib

Ekonomi Dan Bisnis
Bank Indonesia: Rupiah Rp 15 Ribu Beda dengan Krisis 1998
12-09-2018 | 08:19 wib

Metropolis
Bank Indonesia Distribusikan Uang Baru ke Pulau Terpencil
21-03-2018 | 06:18 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062