Meski Gagal Maju, Relawan Tetap Loyal Dengan Kang Yudi
Klaster Ponpes Meningkat, Gubernur Jatim Minta Perketat Protokol Kesehatan
Harga Jual Ketela Anjlok, Petani Olah Jadi Gaplek
Pengembangan Telaga Wahyu Terkendala Lahan
Kampaye Terbuka Akan Bisa Menimbulkan Klaster Baru
Festival Layang-Layang Jadi Hiburan di Masa Pandemi Covid-19
Kekurangan Air, Hasil Panen Kacang Tanah Menurun
Rekomendasikan Kebijakan Transportasi, Balitbanghub Gandeng Empat PTN
Terjaring Razia Prokes, Pengunjung Warung Marah-Marah



Peristiwa
Kontes Kambing Etawa Skala Nasional Diikuti Ratusan Peternak
Senin, 14-12-2015 | 15:46 wib
Reporter : Moch. Asrofi
Kambing diukur tinggi dan beratnya sebagai salah satu kriteria kesehatan kambing
Blitar pojokpitu.com  Ratusan peternak kambing mengikuti Kontes Kambing Etawa Nasional, yang diadakan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Blitar. Dalam kontes ini, ratusan ekor kambing etawa unjuk kebolehan untuk meraih juara.
Bertempat di Pasar Hewan Desa Dandong Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar, ratusan peternak kambing etawa berkumpul untuk mengikuti kontes kambing etawa nasional, yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Blitar.

Ratusan kambing didandani sedemikian rupa, agar menjadi pemenang dalm Kontes Kambing Etawa ini. Sebelum penilaian oleh tim juri, para kambing yang mengikuti kontes, terlebih dahulu diukur tingginya, menggunakan alat meter.

Acara Kontes Kambing Etawa ini, diikuti tidak kurang dari 200 ekor kambing dari seluruh Indonesia. Kategori yang dilombakan dalam kontes ini adalah kelas pejantan, yaitu pejantan unggul, calon pejantan, dan kelas induk terdiri, dari dua kategori kelas indukan unggulan dan calon induk. Sementara kriteria penilaian terdiri dari postur tubuh, panjang telinga, warna bulu, bentuk kepala, ekor, leher, kaki dan tanduk.

Kontes kambing ini juga bertujuan untuk mengenalkan kambing jenis etawa pada masyarakat. Mengingat memelihara kambing unggul jenis etawa ini, secara ekonomis lebih menguntungkan dibandingkan kambing lokal.

Kambing etawa jantan 2 - 3 usia tahun bisa mencapai berat 64 kg, sementara kambing betina 2 - 3 tahun bisa mencapai berat 32 kg, sementara untuk kembing lokal beratnya tak lebih dari dari saparuh berat kambing etawa. Karena ukuran dan beratnya ini, harga 1 kambing etawa bisa mencapai puluhan juta rupiah, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah jika kambing tersebut menjadi juara. (end)



Berita Terkait

Peristiwa
Kontes Kambing Etawa Skala Nasional Diikuti Ratusan Peterna...selanjutnya
14-12-2015 | 15:46 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062