Peristiwa
Periksa Benda Jatuh, Lapan Pastikan Serpihan Roket Falcon 9
Kamis, 29-09-2016 | 06:28 wib
Reporter : Syaiful Anwar
Sumenep pojokpitu.com  Dari hasil pemeriksaan awal, tim peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), di Mapolres setempat, benda-benda yang jatuh dan menggegerkan warga Pulu Gili Raja, dipastikan merupakan benda-benda serpihan roket falcon 9 milik Amerika Serikat, yang diluncurkan Amerika Serikat pada 14 Agustus 2016 lalu.
Setibanya di Mapolres, Kabupaten Sumenep, lima orang tim peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), langsung melakukan pemeriksaan awal terhadap benda-benda yang jatuh di sejumlah titik, di Desa Lombang, Pulau Gili Raja, Desa Bringsang, Pulau Gili Genting, dan Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Sumenep.

Dari hasil pemeriksaan awal dan berdasarkan pantauan lintasan, peneliti memastikan, benda-benda ini merupakan serpihan-serpihan dari roket falcon 9 yang diluncurkan Amerika Serikat pada 14 Agustus 2016 lalu. Ketiga tabung ini, dipastikan bukan tangki utama bahan bakar, melainkan sebagai drum tabung helium pendingin roket.  Diperkirakan, benda-benda ini mengalami gesekan dengan atmosfir bumi sehingga terpecah dan jatuh ke bumi.

Ketiga tabung helium pendingin roket serta satu benda yang mirip radiator yang ditemukan jatuh di beberapa titik ini, kemudian akan dibawa ke Bandung oleh tim Peneliti Lapan untuk dilakukan penelitian yang lebih akurat. Namun, pihak Tim Lapan memastikan benda-benda ini tidak berbahaya. Demikian dikatakan Rhorom Priyatikanto, peneliti Pusat Sains Antariksa Lapan. 

Hingga saat ini pihak Lapan, mengaku belum ada metode yang cukup akurat untuk memprediksi lokasi jatuhnya benda-benda luar angkasa ke bumi, sehingga tidak bisa dilakukan pencegahan dan antisipasi dini, seperti benda-benda yang jatuh di beberapa titik yang sempat menggegerkan warga, di Kabupaten Sumenep, beberapa waktu lalu ini.(end)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062