Mlaku - Mlaku
Di Tretes Prigen Pasuruan Terdapat Goa Jepang
Minggu, 13-11-2016 | 06:13 wib
Goa jepang saat ini dalam perbaikan dan penambahan sarana yang ada yang nantinya bisa dinikmati pengunjung secara terbuka. Foto Anas
Pasuruan pojokpitu.com   Distinasi wisata yang ada di kawasan wisata keluarga Tretes Prigen Pasuruan, mulai dikembangkan oleh pihak pengelola hotel berupa Goa Jepang. Goa tersebut dulunya bagian dari peninggalan pada masa penjajahan yang didungsikan sebagai jalur tembusan hingga ke air terjun Kakek Bodo.
Goa Jepang peninggalan tahun 1943 yang berada di kawasan Hotel Inna Tretes Prigen Pasuruan. Sudah lama diperhatikan oleh pengelola hotel dan pemerhati peninggalan sejarah bangsa Indonesia.

Pihak hotel sudah melakukan beberapa renovasi terutama pada dinding luar goa, dengan hiasan relief batu tebing agar menarik bagi pengunjung nantinya. Sedangkan penerangan dalam gua baru beberapa titik lampu yang di pasang.

Goa Jepang masih dihuni kelelawar. Sebagai tempat tinggalnya terlihat banyaknya kelelawar yang berterbangan di dalam goa. Selain itu jalan goa masih banyak batu yang belum disisikan.

menurut Pemerhati sejarah Didik, Goa peninggalan masa penjajahan Jepang ini, cukup lebar dan besar untuk pengunjung nantinya untuk mengetahui  dua jalur yang memisah. Namun saat ini yang baru diketahui yaitu jalur kiri. Dimana jalur tersebut diperkirakan tembus hingga ke air terjun Kakek Bodo.

Sedangkan jalur goa yang lurus dari pintu masuk, para petugas dari hotel dan warga belum berani menelusuri. Karena kondisi goa yang cukup gelap dan tidak ada sepenggal informasi tentang jalur goa tersebut.

"Dari sejarah yang diketahui goa dibangun untuk banker pada saat itu oleh Romusa, dimana selanjutnya kawasan sekitar goa dijadikan rumah sakit tentara Indonesia yang kemudian dibeli oleh pengusaha sebagai hotel," kata Didik.

Sementara itu Perwakilan hotel Badrun, dengan perbaikan pada lorong goa, nantinya bisa menjadi tujuan wisata di kawasan Tretes Pasuruan.

Dengan selesainya nanti proses renovasi dan pemberian penerangan pada dalam goa, pihak hotel akan membuka wisata Goa Jepang. (pul)




Berita Terkait

Mlaku - Mlaku
Di Tretes Prigen Pasuruan Terdapat Goa Jepang
13-11-2016 | 06:13 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062