Sekolah Hadirkan Wali Murid Kesehatan Jelang Pembelajaran Tatap Muka
Gapoktan Berharap Ada Kepastian Terkait Penggunaan Jebakan Tikus
Terjaring Razia Tak Bawa Masker, Seorang Wanita Menangis
Wisata Makam Warna Warni
Wabup Pastikan Denda Tidak Pakai Masker Kurang Dari Rp 250 Ribu
Cegah Klaster Covid 19, Usia Dibawah 10 Tahun dan Diatas 60 Tahun Dilarang ke Gunung Bromo
Besaran Sanksi Denda Pelanggar Protokol Kesehatan Akan Dinaikkan
Angka Kekerasan Anak dan Perempuan di Kabupaten Bojonegoro Menurun
Tak Pakai Masker, Puluhan Pengendara Didenda
Angka Pernikahan Dini di Ponorogo Melejit
Pendidikan Tertib Lalin Melalui Kampung Tangguh Semeru



Teknologi
Mewujudkan Impian Sejak Kecil, Pria Paruh Baya Ciptakan Helikopter dari Barang Bekas
Jum'at, 30-12-2016 | 16:58 wib
Reporter : Felli Kosasi
Meski sang pembuat tidak mempunyai keahlian di bidang aeromodeling, namun yakin helikopter buatannya akan mulus landing dan take off . Foto Felli
Jember pojokpitu.com  Memiliki impian sejak kecil menerbangkan sebuah helikopter membuat seorang bapak paruh baya di Kecamatan Gumukmas Jember, menciptakan helikopter sendiri.
Uniknya helikopter ini rata-rata berbahan dasar barang bekas kendaraan bermotor yang tidak terpakai. Meski masih dalam tahap pembuatan, namun dalam waktu satu bulan ke depan helikopter ini akan diterbangkan di atas Kota Jember.
 
Suasana sebuah, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Desa Bago Rejo, Kecamatan Gumukmas Jember, mendadak ramai dan riuh. Pasalnya, di salah satu sudut SPBU sedang dikerjakan pembuatan helikopter yang dibuat oleh pimpinan SPBU tersebut. Setyo Hadi Sunarto (52) yang mempunyai ide membuat sebuah helikopter dari barang-barang bekas.
 
Dibantu beberapa asistennya, dirinya mulai mengerjakan helikopter tersebut sejak dua bulan terakhir. Bahan bahan yang digunakan cukup murah karena terbuat dari barang-barang bekas, seperti besi bekas, roda, hingga baling baling bekas. Semua ide dan rancangan helikopter ini tidak ditulis, hanya keluar lewat arahan kreatornya.
 
Tahap pembuatan helikopter yang diberi nama Heli Benata 127 ini sudah memasuki hampir 80 persen dan tinggal part kecil dan ringan saja. Helikopter ini dimotori oleh dua mesin kendaraan, penggerak baling-baling besar ditopang oleh mesin berkapasitas 150 cc sedang baling - baling kecil dimotori oleh mesin 80 cc.
 
Menurut Setyo Hadi Sunarto, kreator helikopter dari barang bekas, meski dirinya tidak mempunyai keahlian di bidang aeromodeling, namun dirinya yakin, helikopter buatannya akan mulus landing dan take off setelah selesai nanti. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya asisten yang mengerti akan kemauan dari sang kreator.
 
Dalam pembuatan helikopter barang bekas ini kerator hanya merogoh kocek sebesar delapan juta rupiah saja. Jika pembuatan helikopter ini sukses dan dapat diterbangkan kedepan bapak tiga anak ini akan membuat pesawat kecil dari barang-barang bekas pula.(end)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062