Peristiwa 

Puluhan Mahasiswa Gelar Aksi Demo Tolak Pembangunan Pendopo Ijen
Kamis, 09-11-2017 | 20:26
Oleh : Muhamad Iqbal dan Handoko Khusumo
Banyuwangi - Puluhan mahasiswa Universitas 17 Agustus Banyuwangi melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Banyuwangi. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk penolakan pembangunan pendopo di atas Gunung Ijen karena pembangunan tersebut dianggap merusak ekosistem alam kawah Ijen.


Dengan membawa puluhan poster dan spanduk yang bertuliskan tolak pembangunan kawah Ijen . Para peserta aksi demo menggelar orasi di depan Kantor Bupati Banyuwangi.

Sambil berorasi, mereka menolak segala bentuk pembangunan, yang dilakukan Balai Besar Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur, di puncak Gunung Ijen.

Koordinator aksi mahasiswa, Prasetyo Candra Ramadhan, mengatakan, "Mereka menuntut agar BBKSDA  menghentikan proses pembangunan di puncak Gunung Ijen, karena bisa mengganggu ekosistem yang ada dan merusak lingkungan di sekitar puncak."

Selain itu, dirinya meminta kepada Pemerintah Banyuwangi merespon aspirasinya, agar ikut memprotes BBKSDA Jatim, untuk menghentikan proses pembangunan yang dilakukan di puncak Ijen.   

"Berdasarkan kajian yang dilakukan para mahasiswa, saat ini Gunung Ijen tercatat sebagai salah satu gunung api yang masih aktif dan sewaktu - waktu bisa erupsi, sehingga sangat tidak logis jika di puncak ada bangunan permanen dan pembuangan limbah dari toilet yang dibangun, harus mendapatkan perhatian serius," tambahnya. 

Para mahasiswa tersebut sangat menyayangkan tempat yang alami ini akan berubah, jika pembangunan kamar mandi atau WC, mushallah dan Bali Bengong itu tetap akan dibangun di puncak Gunung Ijen tersebut.(end)






Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062