Citizen Journalism 

Ibu-ibu ini mengenakan kostum dari limbah sampah plastik sambil meneriakkan yel-yel sebagai ungkapan kegembiraan kampung mereka masuk nominasi sebagai kampung bersih. Foto Budi
Rungkut Mapan Barat Masuk Nominasi Sebagai Kampung Bersih
Sabtu, 18-11-2017 | 16:16
Oleh : Budi Prakoso
Surabaya - Warga Rungkut Mapan Barat Surabaya mempunyai cara sendiri untuk mengolah sampah agar mempunyai nilai berharga. Mereka memanfaatkan sampah organik yang dipisah di bak sampah untuk menjadi pupuk.


Selain itu, warga juga menggalakkan bank sampah bekerjasama dengan pemulung dan tukang rombeng, sehingga menjadi tambahan penghasilan ibu-ibu rumah tangga setempat. 

Atas prestasinya itu, warga rungkut mapan barat RT 10 RW 8 Surabaya bisa gembira karena kampungnya masuk nominasi sebagai kampung bersih, inovatif dan aman yang diselenggarakan Pemkot Surabaya.

Seperti ibu-ibu ini mengenakan kostum dari limbah sampah plastik untuk mempercantik busana yang dikenakan. Seperti bungkus plastik deterjen dan sabun colek, serta tas kkresek pastik yang dijadikan bawahan. Tak hanya itu, warga juga mengolah sampah rumah tangga menjadi pupuk untuk tanamanan yang tumbuh di tepi jalan kampung. Sampah organik tersebut dipisah di bak sampah lalu dipindah di sumur tandon hingga satu minggu sehingga menjadi pupuk kompos.

Menurut Diana salah satu warga, jika di tempat lain pemulung dan tukang rombeng banyak yang dilarang masuk, berbeda di perkampungan ini. Justru memberdayakan pemulung dan tukang rombeng untuk mengolah bank sampah. "Setiap hari mereka melakukan transaksi di bank sampah yang telah disediakan pengurus kampung," kata Diana.
 
Selain mengolah sampah dengan baik, perkampungan ini juga dilengkapi sarana kamera CCTV untuk kemanan kampung. Para ibu rumah tangga di perkampungan ini berharap, tempat tinggal mereka bisa masuk 10 besar kampung bersih, inovatif dan aman yang digelar Pemkot Surabaya. (pul)



Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062