Peristiwa
Warga Gelar Festival Masakan Kelor
Senin, 25-12-2017 | 03:08 wib
Reporter : Achmad Arif
Lumajang pojokpitu.com  Salah satu makanan khas kota di lereng Gunung Semeru ini adalah sayur kelor. Berkat makanan tradisional sayur kelor, Lumajang berhasil mendapat penghargaan kabupaten sehat oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Festival sayur kelor ini bertempat di Kelurahan Ditro Trunan, Kecamatan Kota Lumajang. Sayur kelor merupakan salah satu makanan khas Kota Lumajang, dengan memanfaatkan daun tanaman yang mudah ditanam di pekarangan rumah.
 
Untuk membuat sayur kelor ini, warga mengambil daun tanaman kelor yang ditanam di pekarangan rumah mereka. Daun yang masih muda dipilih karena memiliki gizi tinggi, dengan campuran daun kemangi untuk memberikan aroma khas masakan Lumajang.
 
Sebelum dimasak, bumbu harus disiapkan dulu, yakni bawang merah, bawang putih, kunci, sereh, gula pasir dan garam, saat airnya mendidih, barulah daun kelor yang sudah dicuci dimasukkan ke dalam panci masak.
 
Saat daun kelor layu pertanda sayur ini sudah matang dan siap dihidangkan.
Selain mudah dibuat, sayur kelor ternyata memiliki banyak khasit, sehingga tak jarang, warga setiap pagi memasak sayur kelor untuk memenuhi gizi tubuhnya.
 
Untuk membiasakan pola hidup sehat, Kelurahan Ditotrunan, Lumajang menggelar festival makan gratis, dengan lauk sayur kelor, tempe dan ikan asin.
 
Sontak, festival yang dihadiri oleh ribuan warga Lumajang ini pun berlangsung meriah. Tak sedikit, warga hingga tukang becak mampir ke festival ini untuk makan bersama.
 
Bahkan, karena gemarnya makan sayur kelor ini, kabupaten yang berada di lereng Gunung Semeru pada bulan lalu mendapat penghargaan kota sehat sebagai makanan tradisional khas Kota Lumajang. Demikian dikatakan Asat Malik, Bupati Lumajang. 
 
Rencananya, festival makan gatis dengan lauk sayur kelor ini akan digelar setiap tahun. Agar seluruh masyarakat Lumajang sehat dan terhindar dari penyakit kronis lain, yang mengancam.(end)


Berita Terkait

Peristiwa
Lestarikan Budaya, Warga Bojonegoro Gelar Festival Oklik
02-10-2019 | 01:15 wib

Peristiwa
Indonesia Vintage Festival, Kali Pertama Digelar di Surabaya...selanjutnya
29-09-2019 | 09:20 wib

Life Style
Festival Lumajang Mbiyen, Ribuan Warga Bergaya Hidup Kuno
28-09-2019 | 18:43 wib

Peristiwa
Pagelaran Festival Bambu di Sampang Madura
08-09-2019 | 03:15 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062