Peristiwa 

Kejanggalan Foto Mirip Azwar Anas Versi Sekjen PDIP
Senin, 08-01-2018 | 09:14 wib
Oleh :
Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto meyakini foto-foto cabul yang mirip wajah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas merupakan hasil rekayasa. Menurut Hasto, foto-foto itu sengaja dibuat untuk menghantam Anas agar mundur dari statusnya sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur yang diusung PDIP.


"Dari fotonya kan menurut ahli forensik itu memang didesain untuk kepentingan politik. Contohnya kalau, dicermati masa di mobil bawa wine yang sudah dibuka?" ujar Hasto di DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1). 

Menurut Hasto, wine dalam foto itu jelas untuk menggerus pendukung Anas dari kalangan Nahdatul Ulama (NU). Terlebih, wine tidak hanya ada di dalam mobil, tapi juga kamar hotel. 

Hasto menduga penampakan wine itu untuk membenturkan Anas dengan nahdiyin. "Pesan-pesannya kan ini sosok yang lahir dari keluarga nahdiyin, masak minum wine. Itu kan makna dari pesan itu. Itulah justru menunjukkan kesalahan di dalam melakukan rekayasa," ulasnya. 

Hasto mengakui, setiap orang pasti memiliki kelemahan. Namun, lanjutnya, Anas jelas sudah menunjukkan prestasinya selama hampir lima tahun memimpin Banyuwangi. 

Misalnya, pendapatan per kapita warga Banyuwangi naik dua kali lipat. Yang paling menonjol adalah sektor pariwisata yang bisa meningkat 1.343 persen. 

"Sistem pemberdayaan untuk desa, aparatur birokrasi itu sangat luar biasa," sebut Hasto. 

Karena itu politikus asal Yogyakarta itu menduga ada pihak-pihak yang takut bersaing secara sehat karena prestasi Anas memang begitu moncer. Hasto pun meyakini pihak-pihak yang menyerang Anas dengan cara-cara kotor tak akan menang. 

"Tanpa dilaporkan pun nanti ada yang menyampaikan, ada yang bela. Saya yakin namanya kebenaran itu akan ditegakkan," tegasnya. 
Seperti diketahui, sejumlah foto bergambar mirip Anas sedang beredar secara viral. Meski keabsahan foto-foto itu belum dibuktikan secara hukum, namun Anas sudah memutuskan mundur dari posisi calon wakil gubernur Jatim pendamping Saifullah Yusuf.(tan/jpnn/end) 


Berita Terkait

09-01-2018 | 11:12
DPP PDIP Akan Umumkan Pengganti Azwar Anas Siang Ini