Hukum 

Foto Ilustrasi dok pojokpitu.com
Akhirnya Produser Musik Dapatkan Royalti Juga
Jum'at, 12-01-2018 | 13:47 wib
Oleh : Ayul Anhdim
- Sebanyak 57 produser musik di Jawa Timur memperoleh royalti dari Anugrah Royalti Music Indonesia (Armindo). Royalti diberikan sebagai bentuk hak atas kepemilikan lagu mereka.


Para produser yang menerima royalti itu tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Dan Penyalur  Rekaman Indonesia (APRRI). Salah satunya Anny Widya Wati yang tak mampu menutupi rasa kebahagiannya. Kini kerja kerasnya membuahkan hasil.

Anny Widya Wati, produser Record Perdana mengatakan selama ini para produser tidak dapat royalti dari lagu-lagu yang mereka kerjakan. Dia merasa sanang dengan adanya pembagian royalti ini. 

Wanita yang juga menjabat direktur Perdana Record ini mendapatkan royalti sebesar Rp 140 juta. Jumlah ini diperoleh dari perhitungan perputaran lagu yang diproduksi Anny selama 6 bulan. "Dengan adanya pemberian royalti, kami merasa hasil kerja dihargai. Para produser termotivasi untuk dapat berkarya lebih baik," kata Anny.

Menurut Ketua Armindo Aji Sandy, pembagian royalti kepada produser adalah kali pertama dilakukan. Pembagian royalti merupakan apresiasi terhadap kinerja produser sejak pemberlakuan Undang Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta. Jumlah yang diterima setiap produser berbeda-beda. Tergantung beberapa faktor yang mempengaruhi. Di antara lain jumlah lagu, jumlah beberapa kali diputar, dan tempatnya diputar. "Tempat lagu diputar bisa di mana saja, antara lain, karaoke, bandara, radio, televisi dan media lainnya," kata Aji Sandy 

Pembagian royalti ditentukan oleh lembaga manajemen kolektif nasional yang mengatur pembagian untuk para produser, pembuat lagu, hingga penyanyi. (pul)


Berita Terkait

26-03-2017 | 13:33
Target Pendapatan Royalti Industri Musik Tahun Ini Capa...