Pilkada 

Pengamat Politik, Airlangga Pribadi
Pegamat Bilang, Wilayah Mataraman Bakal Diperebutkan Puti dan Emil
Jum'at, 12-01-2018 | 15:06 wib
Oleh : Fakhrurrozi
- Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018, akan mempertarungkan dua tokoh Nahdlatul Ulama, Syaifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa. Wilayah tapal kuda, yang merupakan basis santri akan menjadi medan pertempuran Khofifah Gus Ipul. Sementara wilayah mataraman akan diperebutkan sengit Puti Soekarno Putri dan Emil Dardak.

Berita Video : Pegamat Bilang, Wilayah Mataraman Bakal Diperebutkan Puti dan Emil

Menurut Pengamat Politik, Airlangga Pribadi, peta suara dalam Pilgub Jatim dibagi menjadi 4 zona. Yakni zona mataraman, yang meliputi Madiun hingga Ngawi, zona tapal kuda, Pasuruan hingga Banyuwangi. Lalu zona Arek, yang meliputi Surabaya, Sidoarjo dan Malang, serta zona Madura.

Airlangga memprediksi zona tapal kuda akan menjadi area pertarungan Khofifah dan Gus Ipul. Kedua tokoh ini bakal bersaing merebut suara zona yang merupakan basis santri. Tak hanya bertarung di wilayah tapal kuda, Khofifah dan Gus Ipul juga bakal bertarung keras di zona Arek dan Madura. "Di dua zona ini, figur Khofifah dan Gus Ipul, kemampuan dan kapasitas serta informasi dari media massa dan online, akan menjadi penentu dari zona yang masyarakatnya yang dikenal rasional," kata Angga.

Airlangga menambahkan, pertarungan tak kalah sengit terjadi pada dua wakilnya, yakni Puti Guntur Soekarno Putri dan Emil Dardak, yang memperebutkan suara di zona mataraman. "Sosok Puti diprediksi bakal mendongkrak suara Gus Ipul, sementara sosok Emil Dardak, bakal menguasai wilayah Pacitan, Ponorogo dan Trenggalek," tambah Angga.
 
Sementara itu, Dosen Ilmu Politik Universitas Airlangga, Hari Fitrianto mengatakan, sosok Puti Guntur Soekarno Putri merubah pergeseran suara dalam Pilgub Jatim kali ini. Bila saat berpasangan dengan Azwar Anas, Gus Ipul diprediksi kalah dengan pasangan Khofifah-Emil dardak. Namun kini, pasangan Gus Ipul - Puti Guntur Soekarno diprediksi bakal menguasai wilayah Malang - Blitar yang merupakan basis PDIP.

Sementara pasangan Khofifah - Emil Dardak diprediksi unggul di wilayah Mataraman, Ponorogo, Magetan, Trenggalek, Pacitan dan Ngawi, yang merupakan basis Partai Demokrat . "Yang menarik, pertarungan keras bakal terjadi di daerah Arek , yang meliputi Surabaya dan Malang, serta wilayah Madura," jelas Hari. (pul)


Berita Terkait

29-06-2018 | 09:27
Mayoritas Pemilih Tidak Hadir ke TPS saat Pilgub Jatim