Peristiwa 

Dua Hektar Tambang Batu Runtuh, Satu Rumah Rusak
Jum'at, 12-01-2018 | 18:14 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban - Lokasi penambangan batu kumbung di Kawasan Perbukitan Kapur Tuban, Jumat (12/1) siang, runtuh. Tambang seluas 2 hektar tersebur runtuh akibat sejumlah pilar penyanggah tidak mampu menahan atap gua yang semakin berat.

Berita Video : Dua Hektar Tambang Batu Runtuh, Satu Rumah Rusak

Seketika warga Desa Leran Wetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban digegerkan dengan runtuhnya tambang. Lahan penambangan batu kumbung seluas lebih dari 2 hektar yang berbentuk lorong-lorong gua ini, tiba-tiba mengalami runtuh.

Menurut Moch Toha, saksi warga, beruntung saat peristiwa berlangsung, para pekerja tambang sedang libur. Sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun puluhan alat tambang dan kendaraan pengangkut hasil tambang hancur tertimbun reruntuhan batu.

Runtuhnya lokasi penambangan batu diduga disebabkan dua faktor. Yaitu alam dan kesalahan manusia. Pekerja tambang kurang memperhitungkan kekuatan pilar penyangga, sehingga ambruk karena tidak mampu menahan beban atap. 

Dalam peristiwa ini sebuah rumah dan kandang milik Supari yang berdiri tepat di atas lokasi tambang, rusak parah. Kondisi ini membahayakan pemilik rumah, sebab dikawatirkan terjadi runtuh susulan.

Runtuhnya lahan batu kumbung ini juga mengancam sejumlah rumah yang ada di dekat lokasi kejadian. (pul)


Berita Terkait

12-01-2018 | 18:14
Dua Hektar Tambang Batu Runtuh, Satu Rumah Rusak



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062