Politik 

Kapolda Jatim, Irjen Polisi Machfud Arifin,
Polda Jatim Bentuk Satgas Money Politik Selama Pilkada Jatim
Jum'at, 12-01-2018 | 20:50 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya - Untuk menindak pelanggaran selama proses pelaksanaan Pilkada di Jawa Timur, Polda Jawa Timur akan membentuk Satgas Money Politik yang terintegrasi dengan sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu).

Berita Video : Polda Jatim Bentuk Satgas Money Politik Selama Pilkada Jatim

Rencana pembentukan satgas money politik oleh Polda Jatim ini disampaikan langsung, Kapolda Jatim, Irjen Polisi Machfud Arifin, Jumat (12/1) siang. Menurutnya, tugas dari Satgas ini difokuskan kepada penanganan tindak pelanggaran Maney Politik dan Operasi Tangkap Tangan (OTT). 

Karena itu, selama proses pelaksanaan Pilkada Jatim berlangsung, kepolisian akan tegas melakukan penindakkan terhadap pelaku yang melanggar. Jika nantinya ditemukan, maka akan diserahkan kepada sentra penegakan hukum terpadu ( Gakkumdu ) yang berada di Bawaslu. "Kepolisian juga tetap memproses hukum, bila pelanggaran tersebut masuk pada ranah pidana," kata Irjen Polisi Machfud Arifin,.

Sementara, khusus sentra Gakkumdu dibentuk saat Pilkada Jatim ini terdiri dari 3 instansi meliputi kepolisian, kejaksaan dan Bawaslu. Polda Jatim sendiri akan melibatkan sebanyak 280 anggota pilihan yang khusus menangani pelanggaran Money Politik.

Pilkada Jatim nanti Polda juga membentuk tim cyber trop, yang bertugas menangani persoalan tentang pelanggaran kampanye hitam di media sosial. (pul)


Berita Terkait

10-08-2018 | 16:43
Resmikan Perumahan Subsidi, Kapolda Minta Polisi Miliki...

04-08-2018 | 20:10
Kejuaraan Menembak, Kapolda Jatim Cari Bibit Atlit