Metropolis
Tolak Pembubaran HTI, Daniel Rosyid Di-nonjob-kan Dari ITS
Rabu, 16-05-2018 | 16:00 wib
Reporter : Atiqoh Hasan
Prof Joni Hermana, Rektor ITS
Surabaya pojokpitu.com  Tiga dosen ITS yang sempat dinyatakan terlibat pada penolakan pembubaran HTI, akhirnya diberhentikan dari jabatan struktural. ITS tidak memecat ketiganya, sebab proses pemecatan PNS dilakukan oleh Kemenristek Dikti.
Menurut Prof Joni Hermana, Rektor ITS, 3 dosen itu diduga terlibat dalam penolakan pembubaran HTI. Yaitu Daniel Rosyid selaku Dekan Fakultas Teknik Kelautan, Arif Rahmadiansyah Kepala Laboratorium Teknik Fisika, dan Lukman Noerochim Kaprodi Pascasarjana Teknik Material.

Ketiganya diduga kuat terlibat dalam organisasi HTI yang telah dilarang pemerintah. Meski diberhentikan, ketiganya masih bisa mengajar sebagai pengajar.

Saat ini pihak ITS telah membentuk tim bina khusus untuk membantu melakukan penyelidikan pada kasus tersebut. Tim bina khusus terdiri dari Wakil Rektor, Biro Hukum, Wakil Dekan dan beberapa ahli lainnya.

Jika pada penyelidikan tersebut dinyatakan keterlibatan mereka, maka Rektor bisa memberikan masukan pada Kemenristek Dikti untuk dilakukan pemecatan atau tindakan lanjutan.

Akibat kasus tersebut, ITS enggan disebut sebagai kampus radikal. Sebab keterlibatan salah satu alumni ITS dalam kasus bom bunuh diri dan dukungan dosen terhadap organisasi yang dilarang pemerintah bergantung pada pemahaman ideologi masing-masing.(end)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062