Rehat 

Ada beberapa jenis cupang yang selama ini sering ikut kontes, seperti serit,plakat,crowntail,halfmoon, giant dan baby. Baru baru ini mulai trend cupang jenis koi, memiliki kombinasi warna seperti ikan koi. Foto: Farid Fahlevi
Kontes Ikan Cupang yang Memiliki Harga Selangit
Senin, 02-07-2018 | 21:10 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo - Tubuhnya boleh kecil dari ikan koki,koi,arwana bahkan ikan louhan, namun ternyata tidak membuat ikan cupang kalah pamor. Terbukti diajang kontes yang digelar komunitas ikan cupang di Kota Probolinggo, ikan-ikan cupang yang ditampilkan harganya mencapai jutaan rupiah.


Sekilas ikan jenis ini tubuhnya tidak sampai berukuran 5 senti meter. Hanya saja, ikan ini memiliki keindahan tubuh luar biasa mulai dari warna, sirip hingga ekornya. Disisi lain, ikan cupang ini memiliki kekuataan tubuh yang sangat luart biasa, meski tidak hidup tanpa bantuan gelembung oksigen dia mampu bertahan dengan baik.
 
Ada beberapa jenis cupang yang selama ini sering ikut kontes,  seperti serit,plakat,crowntail,halfmoon, giant dan baby. Baru baru ini mulai trend cupang jenis koi, memiliki kombinasi warna seperti ikan koi.
 
Yang paling ngetren adalah cupang jenis serit dan plakat, jika serit memiliki sirip dan ekor lancip seperti jarum, konon cupang serit yang ganas sering dibuat aduan. Namun belakangan sudah tidak lagi hanya sebatas kontas saja.
 
Cupang jenis plakat juga tidak kalah ngetren, warnanya yang merah ditampah sirip dan ekornya menyatu membuat ikan ini menyerupai kipas. Lebih mencengangkan lagi, kedua cupang jenis ini memiliki harga selangit, yakni sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta, untuk ikan pemenang kontas harganya bisa 2 kali lipat.
 
Menurut Syamsul Fajar, juri kontes, penilaian didasarkan pada sirip,  ekor dan lekuk tubuh cupang, serta mental saat disandingkan dengan cupang yang lain.
 
Sementara itu Yohan Sugianto,  peserta kontes,  dia sering kali mengikuti kontes cupang, khususnya tingkat Jawa Timur, "Saya memiliki ikan cupang jenis plakat dan pernah ditawar Rp 3 juta," ujarnya.
 
Tertarik memelihara ikan cupang?, maka tidak ada salahnya mulai sekarang untuk memelihara dan mengikuti kontes agar harganya bisa selangit. (yos)
 
 
  
   
 
 
 




Berita Terkait

04-02-2019 | 21:17
Dikenal Rakus Memakan Jentik, Ikan Cupang Ramai Permint...

02-02-2019 | 23:13
Dampak DBD, Penjualan Ikan Cupang Meningkat

02-07-2018 | 21:10
Kontes Ikan Cupang yang Memiliki Harga Selangit

11-05-2015 | 15:08
Ratusan Ikan Cupang Mengikuti Kontes Kecantikan Di Sido...


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062