Life Style
Mau Diet? Jangan Lupa Olahraga
Senin, 22-10-2018 | 18:11 wib
Reporter : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com  Ada kalanya masyarakat melakukan diet tanpa diimbangi dengan olahraga. Akibatnya, proses penurunan berat badan menjadi sedikit terkendala. Tak jarang, awam merasa lebih lesu tatkala menjalani diet yang tidak diiringi dengan olahraga serta pengaturan pola makan yang seimbang.
Hal ini menurut dosen tamu Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, Prof. Robert Caroll, ahli fisiologi asal Ease Carolina University, tidak tepat. Sebab, justru akan merusak tubuh.

"Perlu pengaturan yang seimbang jika ingin melakukan diet. Sebab, akan ada dampak yang dihasilkan jika diet dilakukan tanpa pengaturan pola makan, hanya olahraga, atau pun sebaliknya," ujarnya saat menghadiri kuliah tamu di depan mahasiswa S2 Ilmu Kesehatan Olahraga (Ikesor) Fakultas Kedokteran Unair.

Proses recovery pasca-olahraga pun sebaiknya diperhatikan. Termasuk mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, selama proses olahraga berlangsung, tubuh kehilangan banyak cairan serta sel-sel tubuh mengalami kerusakan.

"Nutrisi, cairan, serta elektrolit dibutuhkan tubuh pasca-olahraga. Bahkan, bagi atlet, dibutuhkan protein untuk mempercepat pembentukan kembali sel-sel yang banyak rusak."

Kepala Departemen Ikesor, Dr. Purwo Sri Rejeki, dr. M.Kes menambahkan, sebelum olahraga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan berat setidaknya dua jam sebelum melakukan olahraga.

"Bukan apa-apa, ini bisa membingungkan kerja saluran pencernaan. Tapi kalau minum minuman manis dengan kandungan gula yang lebih simpel masih diperbolehkan," ujarnya.

Selama ini, banyak awam yang salah mengartikan diet. Bahkan yang lebih parah, ada yang melakukan diet tanpa panduan. Seperti hari ini berpuasa, esoknya makan segala jenis makanan tanpa memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi. Namun, jika keduanya dilakukan dengan baik, yakni olahraga dan pengaturan pola makan, bukan hanya berat badan yang turun, tetapi otot juga sehat.(end)




Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062