Teknologi 

Inovasi Beton Berbahan Dasar Limbah Gragal Batu Bata
Kamis, 29-11-2018 | 08:14 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya - Mahasiswa UK Petra berhasil menyabet juara 1 dalam kejuaraan Internasional Concrete Competion 2018. Kejuaraan tersebut merupakan kejuaraan internasional yang mewajibkan peserta membuat beton dengan mudah dan kuat.


Kent Setiono, Nico Christiono, dan Ricky Surya, mahasiswa Teknik Sipil UK Petra membuat beton berbahan dasar limbah bangunan gragal batu bata dan kalsium karbonat untuk membuat beton kuat. Meski berbahan dasar limbah gragal batu bata. Beton yang dibuat selama sehari itu nyatanya memiliki kekuatan setara dengan kekuatan beton 28 hari.

"Inovasi beton itu dibuat bukan hanya ramah lingkungan, tetapi juga ekonomis, karena mengurangi penggunaan semen sebagai bahan baku utama beton. Pun begitu, hasilnya justru lebih kuat karena komposisi adonan mampu mengisi rongga pada tulang-tulang beton," terang Kent Setiono, sang inovator.

Melalui inovasi beton self compacting concrete atau beton yang bisa memadat sendiri tersebut, Kent berharap pihak terkait mampu menggunakan inovasi buatannya untuk diproduksi massal dan digunakan membangun rumah atau bangunan yang lebih tahan gempa serta ramah lingkungan. Sehingga kerusakan bangunan akibat bencana bisa diminimalisir.(end)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062