Peristiwa
Ihelp-Hemocs, Alat Bantu Komunikasi Bagi Difabel dan Manula
Minggu, 02-12-2018 | 00:20 wib
Foto: Istimewa
Malang pojokpitu.com  Bagi kaum difabel atau orang lanjut usia memiliki keterbatasan dalam menggerakkan sebagian anggota tubuhnya, sering kali mengalami kesulitan saat beraktifitas. Tak jarang bantuan dari keluarga, sahabat dan teman sejawat menjadi penting bagi mereka.
Demi mengurangi ketergantungan dan melatih sikap mandiri mereka, sekelompok mahasiswa dan dosen Universitas Brawijaya Malang mencipta sebuah aplikasi komunikasi dan hiburan, yang menggunakan teknologi sensor penangkap gerakan kepala sebagai pengganti fungsi tangan dan suara.

I-Help merupakan aplikasi perangkat keras dan lunak yang diketuai oleh Herman Tolle, di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Malang.

I-Help ini menjadi salah satu jawaban bagi para manula dan penyandang disabilitas, menjalani kehidupan sehari-hari tanpa bantuan orang lain.

Melalui I-Helpo inilah mereka dipaksa mandiri dan dapat berkomunikasi layaknya manusia normal pada umumnya. Meski harus menggunakan bantuan aplikasi berbasis multimedia dan telepon pintar android.

Sejumlah perintah dan komunikasi sederhana bisa digunakan oleh para manula dan penyandang disabilitas, yang terpampang disebuah layar melalui aplikasi perangkat lunak I-Help.

Hanya saja I-Help tidak bakal bekerja tanpa dilengkapi sebuah perangkat keras Virtual Reality (VR) atau sebuah telepon pintar berbasis android.

"Karena melalui perangkat keras inilah seluruh perintah dan bahasa komunikasi tersebut dapat direalisasikan, dengan sebuah program bernama head movement control system atau hemocs," kata Herman Tolle.

Hingga kini aplikasi I-Help dan hemocs ini masih terus mengalami pengembangan dan penyempurnaan. Saat dilakukan uji coba langsung ke para pengguna, I-Help dan hemocs mendapatkan apresiasi positif. (yos)
 



Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062