Sosok 

Begini Perjuangan Penyandang Disabilitas Mengikuti Ujian SIM D
Senin, 03-12-2018 | 16:04 wib
Oleh : Iqbal Mustika Dan Handoko Khusumo
Banyuwangi - Keterbatasan fisik tidak menghalangi seorang warga Banyuwangi, untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi, SIM D Senin siang (3/12). Meski menyandang disabilitas, wanita yang juga seorang atlit renang tingkat nasional tersebut berniat mengikuti ujian teori dan praktek SIM D


Dengan mengendarai sepeda motor yang sudah dimodifikasi khusus, Ika Aprilia Dewi, (22) warga Desa Sukomaju, Kecamatan Srono, Banyuwangi mendatangi Mapolres Banyuwangi.
 
Dengan cekatan, Ika Aprilia Dewi  bersama motornya menuju loket pendaftaran dan ruang pelayanan SIM. Dibantu petugas, Ika Aprilia Dewi yang mengalami cacat fisik dibagian lutut kaki sejak lahir langsung diarahkan mengurus surat kesehatan terlebih dahulu. Selanjutnya mengikuti ujian teori sesuai aturan yang berlaku.
 
Setelah dinyatakan lulus, pemohon SIM diharuskan melakukan sesi foto untuk melanjutkan mengikuti ujian praktek. Sebelum ujian praktik dimulai, petugas memberi arahan tentang tata cara melintas di jalur yang sudah disiapkan.
 
Tidak sulit bagi Ika Aprilia Dewi  mengikuti ujian praktik di lintasan menggunakan motor khusus miliknya. Beberapa tahapan seperti jalur zig-zag dan trak lurus serta pengereman berhasil dilalui dengan sempurna. Bahkan dilintasan menyerupai angka delapan, roda motor depan Ika selalu tepat berada di jalur garis putih. "Akhirnya impian saya untuk mendapat SIM D bisa diperoleh dengan mudah," kata Ika bangga.
 
Ika mengaku sudah sejak setahun ini aktif berkendara menggunakan motor khusus di jalan raya. Bahkan sebelum memiliki SIM D, dirinya pernah touring bersama rekan-rekan penyandang disabilitas ke sejumlah kota. "Berkendara tidak mempunyai SIM bukanlah contoh yang baik, maka saya ingin menunjukkan bahwa penyandang disabilitas juga taat aturan meski dengan keterbatasan fisik," tambah Ika.
 
Sementara itu AKP Prianggo Malau Parlindungan, Kasat Lantas Polres Banyuwangi mengakatan, sesuai aturan lalu lintas, pemohon SIM D tidak ada perlakuan khusus. Namun petugas wajib mendampingi pemohon yang memiliki keterbatasan fisik untuk mempercepat gerak langkahnya.


Berita Terkait

04-12-2018 | 09:13
Hari Difabel Internasional, Polisi Beri SIM D Gratis

03-12-2018 | 16:04
Begini Perjuangan Penyandang Disabilitas Mengikuti Ujia...

01-12-2018 | 18:36
Sistem Aplikasi Permudah Pengurusan SIM dan SKCK

11-09-2018 | 19:21
Dua Calo SIM Dibekuk Polres Lamongan



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062