Life Style 

Kreatif, Lukis Ban Bekas Jadi Hiasan Sepanjang Jalan
Kamis, 06-12-2018 | 06:17 wib
Oleh : M.Ramzi
Magetan - Berawal dari keprihatinan sampah di pinggir-pinggir jalan, sejumlah warga di Kecamatan Barat Magetan, melukis di atas ban mobil bekas. Ban bekas dengan aneka warna tersebut menjadi hiasan sepanjang jalan, yang selama ini jadi tempat pembuangan sampah liar.


Warga ini tergabung dalam komunitas peduli lingkungan, atau Kopling, Kelurahan Mangge Kecamatan Barat Kabupaten Magetan. Aneka macam lukisan dibuat di ban bekas tersebut, seperti lukisan abstrak, ikan, hewan hingga tokoh-tokok film kartun.

Selanjutnya, ban bekas yang sudah dilukis dengan cat tersebut, dipasang di lokasi atau sepanjang jalan, yang biasanya dijadikan tempat pembuangan sampah liar.

Salah satu pelukis ban bekas, Hengky Hernawan mengatakan, ide melukis ban bekas dan  dipasang di sepanjang jalan tersebut, karena merasa prihatin, banyak warga yang membuang sampah di pinggir jalan. Juga memberi wadah bagi warga, utamanya anak muda untuk berkreasi. "Kami berharap, agar warga tidak membuang sampah seenaknya," kata Hengky Hernawan.

Aksi relawan Kopling ini, baru berjalan dua bulan belakangan ini. Rencananya, mereka akan mengubah lokasi pembuangan sampah liar yang berada di seluruh wilayah Kecamatan Barat, dengan dipasang lukisan ban bekas. (pul)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062