Icip - Icip 

Lezatnya Olahan Sambel Goreng Krengsengan Dan Sate Bumbu Daging Bekicot
Selasa, 01-01-2019 | 01:10 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Beny Kurniawan
Kediri - Disepanjang jalan raya Kecamatan Plosoklaten-Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Jawa Timur, banyak ditemui warung makanan dan minuman berjejar dipinggir jalan. Karena lokasinya yang tidak jauh dari objek wisata ubulan, tentunya banyak ditemui mobil asal luar kota yang terparkir didepan warung, tujuan kedatangan para pengunjung ini hanya ingin mencicipi kuliner khas masakan Kediri.


Masakan khas ini berbahan daging bekicot, ditangan terampil Rudiati (50) daging bekicot ini diolah menjadi masakan yang enak dan banyak disukai pecinta kuliner. Daging bekicot itu diolah menjadi masakan sambel goreng krengsengan, dan sate.

Masakan krengsengan dan sate dijual per porsi seharga Rp 10 ribu, ditambah nasi hanya nambah Rp 3 ribu. Daging bekicot dikrengseng menggunakan bumbu pedas cabai merah. Sementara sate bekicot menggunakan bumbu kacang layaknya masakan sate pada umumnya.

Daging bekicot ini dibeli kepada seorang pengepul, yang di dapat dari peternak hewan bekicot yang ada di wilayah Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

"Harga daging bekicot untuk takaran 1 kilo gram dibeli ke pengepul Rp 40 ribu, daging bekicot tersebut diterima sudah dalam keadaan bersih tidak bercangkang dan berlendir," ujar Rudiati pengelolah masakan daging bekicot.

Karena banyaknya permintaan, terutama  pada saat momentum liburan seperti sekarang. Dalam sehari Rudiati mengaku masakan olahan  daging bekicot bisa laku terjual hingga 20 kilo gram.

Sementara jika pada hari biasa cuman laku terjual 10 kg. Konsumen yang singgah mampir di warungnya   bukan hanya berasal dari lingkup Kediri saja. Melainkan juga dari luar Kota seperti Blitar,Tulunganggung, Surabaya dan Jombang.

Usai menyantap hidangan masakan sate dan krengsengan, pengunjung dari luar kota bisanya membeli makanan kripik bekicot untuk oleh-oleh dibawah pulang ke daerah asalnya. Harga keripik bekicot untuk kemasan plastik takaran berat  200 gram dijual seharga Rp 50 ribu.

Kelezatan olahan masakan daging bekicot ini,dapat pengunjung temukan diwarung Barokah mbak yul yang beralamat di Dusun Jengkol Desa Ploso Kidul Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Jawa Timur. (yos)‎


Berita Terkait

07-01-2019 | 02:15
Kuliner Ikan Asap Pesisir Pantai Blitar Digemari Wisata...

06-01-2019 | 06:15
Menu Makanan, Warga Berburu Ulat Bulu Di Lereng Hutan T...

01-01-2019 | 01:10
Lezatnya Olahan Sambel Goreng Krengsengan Dan Sate Bumb...

14-12-2018 | 05:16
Kuliner Esktrim, Oseng-Oseng Ulat dan Kepompong Kaya Be...



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062