Teknologi 

Damsabo, Tekhnologi Alterntif Pengendali Lahar
Sabtu, 05-01-2019 | 03:30 wib
Oleh : Achmad Arif
Lumajang - Setelah hampir 5 bulan dilakukan pemasangan, akhirnya damsabo atau tekhnologi alterntif pengendali lahar gunung semeru di Lumajang, bisa digunakan. Pemasangn alat berupa ring net bariers atau jaring besi ini merupakan pilot projek yang dilaksanakan oleh balai litbang sabo, Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat yang ada di Yogyakarta.

Berita Video : Damsabo, Tekhnologi Alterntif Pengendali Lahar

Alat ini diharapkan mampu menahan laju lahar gunung semeru, sehingga bisa meminimalisir terjadinya kerusakan maupun korban. Amsabo dengan panjang  16 meter dan tinggi 6 meter ini terpasang di das sungai rejali Desa Sumberwuluh, Lumajang.

Sebagai penguat, kanan kiri jaring besi ini terpasang pada batu yang sudah di bor sedalam 6 meter, sehingga tidak mudah hanyut oleh erosi atau banjir.

Dwi Kristianto, Kepala Litbang Sabo Kemen PUPR, menjelaskan, dibandingkan dam konvenssional berupa beton, damsabo ini mempunyai kelebihan pemasangannya lebih cepat dan kekuatan menahan aliran debris itu lebih kuat.

"Sehingga saat dibutuhkan dalam kondisi tertentu bisa cepat dipasang. Namun alat ini masih belum bisa diproduksi dalam negeri dan harus didatangkan dari Swiss," ujar Dwi Kristianto.

Alat ini mempunyai kekuatan hingga 20 tahun kedepan, sehingga dengan demikian alat ini mampu menahan aliran material lahar dingin gunung semeru berupa pasir dan batu besar  saat terjadi banjir. 

Untuk melihat fungsi alat ini bekerja maksimal, petugas Kemen PUPR, sudah memasang dua kamera pemantau atau kamer CCTV dari atas jemebatan Geladak Perak Lumajang. (yos)


Berita Terkait

29-12-2018 | 06:15
Keren, Mahasiswa Ciptakan Kursi Roda Dengan 17 Kata Per...

28-12-2018 | 23:30
Mahasiswa Ciptakan Ransel Untuk Terapi Punggung


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062