Icip - Icip 

Menu Makanan, Warga Berburu Ulat Bulu Di Lereng Hutan Taman Nasional Baluran
Minggu, 06-01-2019 | 06:15 wib
Oleh : Andi Nurholis
Situbondo - Ulat bulu musiman di daun jati yang berada di kawasan Taman Nasional Baluran, diburu warga Kecamatan Banyu Putih, Situbondo. Hama ulat bulu berwarna hitam pekat ini oleh warga dijadikan sebagai menu makanan. Jenis hama yang satu ini, menurut warga mengandung protein.


Dikenal banyak mengandung protein, ulat bulu yang satu ini diburu oleh warga Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih. Bukan untuk sebagai obat,  ulat tersebut di jadikansebagai nemu makanan.

Jenis ulat bulu yang satu ini memanfaatkan momen setahun sekali dimusim hujan. Untuk mencari ulat, warga mencari disela sela batu dan tumbuhan dibawa lahan pohon jati.

Menurut Rusmini mengkonsumsi entung atau kepompong sudah lama dilakukan saat musim hujan. Menu makanan dari ulat ini dimasak tumis, rica pedas, bothok, bahkan dibuat keripik .

Hasil mencari disela sela baru dikumpulkan dan dipastikan ulat masih terbungkus sarangnya menjadi kepompong. Jika tidak segera diburu, maka kepompong tersebut akan menjadi kupu kupu.

Tak hanya dikonsumsi, ulat bulu yang menyerang daun jati ini juga bisa dijual. Warga menjual kepada warga sekitar, berkisar ratusan ribu rupiah perkilogram. (yos)




Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062