Icip - Icip 

Kuliner Ikan Asap Pesisir Pantai Blitar Digemari Wisatawan
Senin, 07-01-2019 | 02:15 wib
Oleh : Moch.Asrofi
Blitar - Ikan asap atau ikan yang diawetkan dengan pengasapan memiliki bau khas, rasa gurih dan lezat banyak digemari masyarakat. di pesisir laut Tambakrejo Kabupaten Blitar, ikan asap sangat populermerupakan salah satu kuliner yang menjadi primadona bagi para wisatawan.


Kabupaten Blitar memiliki kuliner khas berupa ikan asap, ikan segar yang diawetkan denga pengasapan memiliki bau khas. Rasa gurih dan lezat untuk dinikmati karena  diolah secara tradisional, hanya dengan bahan alam.

Di Kabupaten Blitar, pusat kuliner ikan asap berada di pesisir selatan Kecamatan Tambakrejo. Hampir setiap libur akhir pekan, banyak para wisatawan dari berbagai daerah berburu ikan asap di pusat kuliner tambakrejo, yang letaknya seputar dipesisir pantai ini.

Bagi penikmat ikan asap bisa melihat langsung proses pengasapan sebelum ikan siap saji, yakni ikan segar dicuci terlebih dahulu kemudian diasap menggunakan kayu bakar atau batok kelapa. Dalam hitungan menit, ikan yang diasap maupun akan berubah warna dengan tekstur daging kelihatan coklat tua.

Sedangkan jenis ikan asap  meliputi ikan tuna, manyung dan cakalang dan sebagainya. Rata-rata para wisatawan yang membeli ikan ini, untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh,  karena penasaran dengan rasa ikan segar yang diambil dari pantai langsung diasap.

Untuk pertusuk dengan berat bervariasi, mulai  2 ons hingga 1 kilogram. Pedagang menjual mulai dari harga Rp 5 ribu hiingga Rp 75 ribu per ekor atau tusuk,  pembeli ikan asap ini kebanyakan dari berbagai kota di Jawa Timur seperti Kediri, Jombang, Mojokerto dan Malang.

Menurut Suminto, penjual kuliner ikan asap, setiap hari libur atau akhir pekhan jumlah wisatawan yang membeli ikan asap naik hingga lima kali lipat. 

"Kita mampu menjual 100 kilogram   hingga 200 kilogram  ikan asap dan  ikan asap mampu bertahan hingga 3 hari, jika dibawa keluar kota," jelas Suminto.

Sementara Caca salah seorang penikmat ikan asap mengaku, gemar menikmati ikan asap. "Selain memiliki khas aroma sedap, ikan asap memiliki rasa sangat gurih dan nikmat," jelas Caca.

Selain wisatawan dapat menikmati indahnya pantai wisata tambakrejo, para wisatawan juga bisa menikmati ikan  asap, untuk sekedar dinikmati langsung maupun dibawa pulang.

Jangan mengaku pernah ke Blitar, jika belum mengunjungi pusat kulioner ikan asap di pesisir pantai Tambakrejo. (yos)


Berita Terkait

07-01-2019 | 02:15
Kuliner Ikan Asap Pesisir Pantai Blitar Digemari Wisata...

03-08-2018 | 14:00
Ikan Asap Khas Tuban, Menjadi Buruan di Jalur Pantura

19-06-2018 | 15:22
Berkah Lebaran, Omzet Penjual Ikan Asap Naik Dua Kali L...

11-02-2018 | 05:14
Perajin Ikan Asap di Lamongan Terancam Tergusur



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062