Mlaku - Mlaku 

Selain bekerjasama dengan BPBD Ngawi, pengelola juga membentuk tim internal untuk menangani bencana alam. Khususnya saat musim penghujan. Foto Herpin
Pengelola Srambang Park Waspadai Bencana Alam
Senin, 07-01-2019 | 20:14 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi - Menghadapi potensi terjadinya cuaca buruk dan bencana alam Lereng Gunung Lawu, pengelola Taman Wisata Srambang Kabupaten Ngawi, meningkatkan kewaspadaan.


Saat ini ribuan wisatawan masih memadati kawasan Taman Wisata Srambang di Lereng Gunung Lawu,Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi. Kepadatan menumpuk di lokasi Air Terjun Srambang, menjadi daya tarik utama dari wisata alam. Para pengunjung, bermain di dekat air terjun dari setinggi sekitar 30 meter itu. Airnya yang jernih hingga terlihat sampai ke dasar, menjadikannya  tempat favorit melepas stress.

Menurut Esti Sulistyoningrum salah satu wisatawan, selain air terjun, di sepanjang jalan bisa menikmati keindahan alam.

"Pengunjung dapat menikmati bukit berbunga yang cukup indah. Tak kalah serunya, di lokasi juga tersedia tempat bermain untuk anak," kata Esti Sulistyoningrum.

Untuk sekali masuk ke Srambang Park, setiap pengunjung cukup membayar Rp 15 ribu. Sejak liburan natal 2018, hingga kini obyek wisata tersebut ramai dikunjungi wisatawan.

Sementara itu Hari pengelola Srambang Park mengatakan, tak hanya  memiliki banyak lokasi wisata,  Lereng Gunung Lawu juga memiliki potensi rawan bencana alam. Mulai dari angin puting beliung hingga longsor.

Untuk mengantisipasinya, sejumlah petugas dari kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah disiagakan. "Dalam penanganan bencana alam, kami juga membentuk tim khusus dan menyiapkan jalur evakuasi," kata Hari. 

Sejak dibangun dan dikembangkan, jumlah kunjungan wisatawan mengalami peningkatan, sehingga faktor keselamatan, menjadi prioritas bagi pengelolanya. Khusus musim penghujan, kewaspadaan bencana ditingkatkan. Sebab Taman Wisata Srambang pernah terjadi bencana alam ringan, berupa  tanah longsor dan pohon tumbang akibat cuaca buruk. (pul)


Berita Terkait

13-01-2019 | 23:14
Gua Langsih Tempat Bertapa Sunan Kali Jaga Menjadi Prim...

09-01-2019 | 07:30
Bunga Bunga Cantik Refugia Jadi Pembasmi Hama Dan Icon ...

08-01-2019 | 00:10
Wisata Kalimas Sebalor, Surga Tersembunyi di Tulungagun...

07-01-2019 | 20:14
Pengelola Srambang Park Waspadai Bencana Alam



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062