Mlaku - Mlaku 

Wisata Kalimas Sebalor, Surga Tersembunyi di Tulungagung
Selasa, 08-01-2019 | 00:10 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung - Berawal dari keinginan untuk mengubah pola pikir warga yang suka membuang sampah sembarangan, sebuah sungai di Tulungagung dari sumber yang tidak pernah kering, mengalir melewati tebing-tebing batu bertingkat sepanjang tahun di sulap oleh seklompok pemuda, menjadi obyek wisata yang cukup menarik. ditunjang dengan suasana pedesaan yang sejuk dan asri, menjadikan obyek wisata rintisan yang cukup menjanjikan.


Berada ditengah kawasan pedesaan di perbukitan yang sejuk dan asri, obyek wisata kalimas tak ubahnya sebuah surga tersembunyi. Air segar dari mata air yang mengalir tidak terlalu deras, menuruni tebing batu yang tidak terlalu curam dan tidak pernah kering meski musim kemarau, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Disini pengunjung juga dapat bermain air dengan berendam di cerukan-cerukan sungai yang airnya mengalir jernih. Kondisi air yang dangkal, menjadikan tempat ini relatif aman sebagai tempat bermain anak-anak.

Surga tersembunyi kalimas ini, berada sekitar 20 kilometer ke arah barat daya dari pusat Kota Tulungagung, tepatnya di Desa Sebalor, Kecamatan Bandung. Akses jalan yang mudah, menjadikan obyek wisata kalimas ini bisa sebagai alternatif wisata keluarga ataupun tempat melepas penat saat anda lelah dengan aktifitas sehari-hari.

Namun siapa sangka, jika tempat yang indah ini dulunya hanya lahan tidur dengan rerimbunan bambu dan terlihat kumuh, karena dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga sekitar.

Berkat kejelian sejumlah pemuda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan dengan seizin pemilik lahan. Cecep Feri Sanyoto, penggagas wisata kalimas sebalor,, menjelaskan, lahan seluas sekitar setengah hektar tersebut kini dikembangkan menjadi obyek wisata dan dikelola bersama masyarakat.

"Diharapkan dengan ramainya kunjungan wisatawan, akan dapat mengangkat perekonomian warga sekitar," kata Cecep Feri Sanyoto.

Untuk mengembangkan obyek wisata kalimas agar lebih menarik lagi, pihak pengelola berencana akan mengenakan tiket masuk pada para pengunjung sebesar Rp 4 ribu. (yos)


Berita Terkait

20-03-2019 | 11:23
Longsor Putuskan Jalur Wisata Lumajang Malang

19-03-2019 | 17:37
Hidden Fillage, Aplikasi Penunjuk Tempat Wisata Bagi Tr...

19-03-2019 | 13:16
Wisata Petik Buah Jambu Kristal Semakin Diburu Pengunju...

19-03-2019 | 07:30
Buang Sampah Sembarangan di Sungai, Area Wisata Teranca...


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062