Teknologi 

Sirine Anti Kantuk Saat Berkendara
Rabu, 09-01-2019 | 09:10 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya - Sekelompok mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) membuat sebuah inovasi alat yang dapat mencegah rasa mengantuk pengendara mobil saat di jalan raya. Sirine pada alat tersebut akan otomatis berbunyi jika pengendara nampak mengantuk.


Terinspirasi dari maraknya kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengguna kendaraan roda empat saat berkendara malah mengantuk. Sekelompok mahasiswa jurusan Teknik Komputer PENS, membuat sebuah alat pencegah kantuk berkendara yang diberi nama Paw Patrol.

Sistem kerja alat ini dengan memanfaatkan sebuah kamera yang dipasang di dashboard mobil sebagai pendeteksi keadaan mata dari pengendara. Kamera tersebut akan membaca gerakan mata jika terpejam lebih dari 3 detik, akan mentransmisikan ke sebuah program yang secara langsung mengaktifkan suara sirine. Pengendara bisa terbangun lantaran terkejut dengan suara yang dihasilkan.

"Butuh waktu lebih dari satu bulan dalam proses mengkaji membuat hingga menguji alat tersebut, sebelum layak untuk dipublikasikan," ujar Ahmad Faiq Naufal, inovator alat.

Kendati masih memiliki kekurangan untuk mendeteksi beberapa jenis mata yang ada pada umumnya, namun alat tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu solusi aman berkendara bagi pengguna kendaraan mobil di Indonesia.(end)


Berita Terkait


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062