Pilkada 

Pihak KPU meminta seluruh peserta pemilu untuk proaktif melakukan pengawasan. Foto Saiful
Tidak Jelas Penyebabnya, Puluhan APK Caleg Rusak
Jum'at, 11-01-2019 | 12:18 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang - Sejumlah alat peraga kampanye, APK, calon legislatif baik DPRD maupun DPR RI ditemukan rusak. Selain disebabkan hempasan angin, kerusakan disebabkan potongan benda tajam.


Alat peraga kampanye yang mengalami kerusakan tersebar di sejumlah lokasi. Diantaranya di Jalan Raya Bandarkedungmulyo, Jalan Raya Perak dan Jalan Raya Diwek.  APK bergambar Caleg DPR RI dari PAN yang terpasang di Jalan Raya Perak ini misalnya, robek-robek belum jelas penyebabnya .

Dari bekas potongan yang berserakan, robekan APK ini diduga akibat  benda tajam. Karena kerusakan terjadi tampa beraturan.  Kerusakan serupa juga tampak pada APK bergambar Ketua Umum PKB , Muhaimin Iskandar. APK yang terpasang di Jalan Raya Bandarkedungmulyo juga terpotong. Tidak ada tanda-tanda akibat tiupan angin, melainkan berlubang berbentuk kotak.

Kusairi salah satu warga sekitar lokasi pemasangan APK mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebabnya. Warga mengetahuinya  sudah terpotong-potong dan robek-robek. "Hingga kini belum ada perbaikan atau penggantian dari pemilik APK," kata Kusairi. 

Ketika dikonfirmasi, M Fatoni Komisioner KPU Jombang mengatakan, meskipun telah terjadi banyak kerusakan APK, pihaknya belum pernah menerima laporan. "Kami menyarankan peserta pemilu agar berkoordinasi dengan Bawaslu. Sebab pasca pemasangan APK menjadi ranah pengawasan," kata M Fatoni.

APK yang rusak pada lokasi yang strategis, seringkali mengganggu pemandangan dan  keindahan.  Alat Peraga Kampanye ini menjadi salah satu media kampanye dipilih peserta pemilu. (pul)


Berita Terkait

20-03-2019 | 05:33
Polisi Tetapkan Tersangka Pemilik Usaha Pabrik Miras

18-03-2019 | 12:01
Kondisi Bromo Terkini Terjadi 5 Letusan, BPBD Siapkan J...

16-03-2019 | 04:06
Sales Produk Kapal Api Gelapkan Setoran Rp 610 Juta

15-03-2019 | 23:28
APK Dipaku di Pohon dan Kampanye Illegal Jadi Perhatian...


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062