Peristiwa
Longsor Wisata Air Terjun Madakaripura, Batu Besar Hancurkan Pendapa dan Toilet
Senin, 21-01-2019 | 14:00 wib
Probolinggo pojokpitu.com  Sering diguyur hujan, sebuah batu berukuran raksasa diatas bukit longsor menghancurkan pendapa dan toilet diarea wisata air terjun madakaripura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.
Berita Video : Longsor Wisata Air Terjun Madakaripura, Batu Besar Hancurkan Pendapa dan Toilet
Meski rawan longsor pada saat musim hujan, namun wisata air terjun petilasan mahapatih gajah mada ini masih tetap buka untuk umum.

Longsor berupa batu berukuran raksasa yang menimpa pendapa dan toilet umum di area wisata air terjun madakaripura, di Desa Negororejo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, diperkirakan terjadi pada malam hingga dini hari.

Batu yang berasal dari atas tebing setinggi sekitar 100 meter, menggelinding terjun hingga menghancurkan pendapa dan toilet umum yang berada tepat dibawah tebing.

Besarnya batu yang hampir menyerupai bangunan toilet mampu meluluh lantakkan bangunan toilet rata dengan tanah. Beruntung peristiwa ini terjadi pada malam hingga dini hari, dimana di area wisata ini sudah kosong dari manusia.

Menurut Misnadi, salah satu petugas pengairan di air terjun madakarpura, longsornya batu diperkirakan terjadi pada malam hingga dini hari dan baru diketahui pada pagi hari.

Sementara itu, menurut Anggit Hermanuadi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Probolinggo, pihaknya meminta pengelola wisata menutup wisata pada saat hujan deras dengan intensitas lama.

Secara geografis, wisata air terjun madikaripura terletak dibawah tebing yang memiliki ketinggian sekitar 400 meter. Untuk mencapai kesana pengunjung harus melewati jalan yang di kanan-kirinya berdiri kokoh tebing.

Wisata alam yang konon merupakan petilasan dari mahapatih gajah mada ini sangat rawan longsor, apalagi pada saat musim penghujan.

Petugas menghimbau kepada pengunjung atau warga agar selalu waspada saat mengunjungi wisata alam yang satu ini, karena sangat rawan terjadinya longsor. (yos)


Berita Terkait

Peristiwa
Longsor Piket Nol Ganggu Jalan Lumajang Malang
02-06-2019 | 17:00 wib

Peristiwa
Area Parkir Puskesmas Sine Longsor
18-04-2019 | 00:20 wib

Peristiwa
Jalan Desa di Tulungagung Longsor, 50 KK Terancam Terisolir
08-04-2019 | 13:26 wib

Peristiwa
Kali Kening Meluap, Empat Rumah Warga Terancam Terbawa Arus
03-04-2019 | 13:20 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062