Life Style 

Festival Dolanan Tradisional, Lestarikan Permainan Tradisional Anak di Era Permainan Digital
Senin, 28-01-2019 | 07:11 wib
Oleh : Abdul Majid
Pasuruan - Untuk melestarikan permainanatau dolanan tradisional anak, agar tidak punah di tengah banjir gagdet dan permainan digital. Salah satu pondok pesantren di Pasuruan menggelar festival dolanan tradisional anak, yang diikuti ribuan peserta dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).


Ribuan pelajar SD hingga pelajar SMP, yang berasal dari kota dan kabupaten Pasuruan, antusias mengikuti Festival Dolanan Tradisional, yang digelar di Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah, Kota Pasuruan.

Mereka bersaing menjadi yang terbaik di sebelas permainan yang dilombakan, di antaranya benteng-bentengan, patil lele, egrang bambu, engklek dan lompat tali.

Seperti di arena permainan benteng-bentengan, permainanyang mengandalkan kekuatan fisik. Meski di bawah terik matahari yang panas, mereka tetap bersemangat beradu tangkas,kejar-kejaran, hingga berbenturan dengan lawan main.

Sementara di arena yang lain, yakni arena lomba engklek, peserta harus beradu cepat menyelesaikan permainan sesuai dengan yang diberikan oleh panitia.

Kegiatan  Festival Dolanan Tradisional ini sengaja digelar sebagai upaya melestarikan permainan tradisional anak, agar tak punah di tengah banjir gagdet dan permainan digital di tengah masyarakat, serta untuk mengurangi ketergantungan anak pada gadget, agar anak-anak dapat memiliki waktu bermain dengan teman-temannya.

"Permainan tradisonal anak ini juga penuh dengan filosofi, seperti kejujuran, sportivitas, serta untuk mengasah kepercayaan diri anak," tutur Wakil Ketua Yayasan Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah, Widad Bariroh.

Sementara itu, salah satu peserta festival asal SD Mandaran Rejo Kota Pasuruan, Ibnu Akbar , mengaku meski ini permainan tradisional, mereka tetap melakukan latihan selama seminggu, agar dapat menjadi pemenang dalam permainan patil lele yang diikuti.(end)


Berita Terkait

28-01-2019 | 07:11
Festival Dolanan Tradisional, Lestarikan Permainan Trad...

20-04-2018 | 15:21
Sambut Hari Kartini, Ratusan Siswa SD Ikuti Lomba Dolan...

18-10-2017 | 09:14
Giat ACI, SD Muhammadiyah 15 Kenalkan Dolanan Tradision...


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062