Mlaku - Mlaku 

Cotton Top Tamarin, Monyet Mini Berambut Unik
Selasa, 05-02-2019 | 07:30 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu - Jika biasanya seekor monyet memiliki ukuran tubuh cukup besar, namun monyet bernama cotton top tamarin ini ukuran tubuhnya hanya sebesar tupai. Lucunya lagi, monyet ini juga memiliki model rambut yang unik dan bulunya selembut katun.


Cotton Top Tamarin (saguinus oedipus) merupakan satwa asli Amerika Selatan, satwa ini banyak tersebar di negara Kolombia. Di alam bebas, satwa ini hidup secara berkelompok, biasanya setiap kelompoknya terdiri dari 12 hingga 14 ekor.

Karena Cotton Top Tamarin merupakan hewan omnivora, mereka memakan buah-buahan seperti apel, lengkeng dan pisang. Selain itu mereka juga suka memakan serangga seperti ulat hongkong dan jangkrik.

Sebagai monyet terkecil di dunia dengan berat kurang dari 0,5 kilogram, satwa ini juga memiliki bulu yang lembut. Bulu lembutnya dominan berwarna coklat dan bulu putih di sepanjang dahi hingga pundaknya.

Satwa ini memiliki suara yang lembut dan terkadang menyerupai bunyi peluit. Bahkan menurut penelitian, satwa ini memiliki 38 jenis suara yang berbeda, bila suara mereka terdengar melengking panjang, berarti mereka sedang memanggil kawannya sebagai tanda adanya bahaya.

Cotton Top Tamarin biasanya melahirkan antara bulan April dan Juli, dengan periode kehamilan 4 sampai 5 bulan. Anak yang baru lahir akan belajar berjalan setelah berusia 2 hingga 5 minggu, dan belajar makan biji-bijian sejak usia 4 hingga 7 minggu.

Anak-anak Cotton Top Tamarin baru bisa mandiri saat berusia 10 hingga 18 minggu, dan mencapai kematangan seksual sekitar usia 2 tahun.

Saat ini, Cotton Top Tamarin adalah primata di dunia yang paling terancam punah. Ada sekitar 6 ribu ekor yang tersisa di alam liar, khususnya di Kolombia, sebagian besar punah karena deforestasi.

Di Indonesia, Cotton Top Tamarin dapat kita jumpai di Jawa Timur. yakni di taman safari 2 Prigen Kabupaten Pasuruan sebanyak 4 ekor, dan dibatu secret zoo jawa timur park 2 sebanyak 3 ekor.


Berita Terkait


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062