Life Style 

Bahaya Sakit Kepala, Ternyata Lebih Buruk Jika Dibiarkan
Rabu, 06-02-2019 | 11:44 wib
Oleh :
- Anda akan sulit sekali menemukan seseorang yang belum pernah mengalami perasaan pusing yang familiar ketika Anda bangun terlalu cepat dan darah mengalir ke kepala Anda. Head rush adalah fenomena biologis sederhana ini tetapi tidak bisa disangkal bahwa beberapa orang bisa mengalami hal ini jauh lebih buruk daripada yang lain.


Bagi beberapa orang, merasa pusing selama beberapa detik setelah berdiri adalah kejadian yang sering menjengkelkan. Dokter menyebut head rush sebagai hipotensi ortostatik, yang paling sering terjadi ketika Anda duduk untuk jangka waktu yang lama.

Ini karena darah telah terkumpul di kaki Anda dan ketika Anda berdiri, tubuh Anda mengambil sedikit lebih lama dari biasanya untuk memompa semua darah ini ke otak Anda dan mengembalikan tekanan darah rendah Anda kembali ke normal.

Jadi mengapa itu terjadi dan mengapa beberapa orang lebih menderita daripada yang lain?

Berikut ini penjelasannya, seperrti dilansir laman Virginmediatelevision, Senin (28/1).

1. Dehidrasi
Dehidrasi berarti lebih sedikit cairan dalam tubuh Anda dan penurunan volume darah ini juga berarti butuh waktu lebih lama bagi jantung untuk memompa darah kembali ke otak Anda.

Hal ini terjadi bukan hanya hasil dari tidak minum cukup air - Anda juga harus berhati-hati ketika minum alkohol, menghabiskan waktu di bawah sinar matahari atau ketika Anda berolahraga dan banyak berkeringat tanpa melembabkan diri dengan baik.

2. Kehamilan
Ya, kehamilan merupakan hal yang ajaib, tetapi tidak bisa disangkal bahwa kehamilan itu sendiri adalah jalan yang sulit. Di samping kaki bengkak dan mual di pagi hari, wanita hamil lebih rentan terkena serangan kepala.

Sistem sirkulasi Anda meluas dengan cepat ketika Anda hamil, yang berarti bahwa tekanan darah Anda turun dan tubuh Anda akan mengambil waktu lebih lama untuk memompa darah melawan gravitasi (alias ke kepala Anda ketika Anda berdiri).

3. Mandi air panas
Jika Anda adalah tipe orang yang suka berendam lama dalam air panas, maka Anda akan terbiasa dengan pandangan berkunang-kunang yang terjadi ketika Anda akhirnya keluar dari air yang beruap.

Ini karena panas telah menyebabkan pembuluh darah Anda melebar dan tekanan darah Anda turun.

4. Usia
Yang ini mungkin lebih jelas daripada yang lain, tetapi kemungkinan kepanikan Anda akan memburuk saat usia bertambah. Ini terjadi karena jantung Anda tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh Anda.(fny/jpnn/pul)


Berita Terkait

06-02-2019 | 11:44
Bahaya Sakit Kepala, Ternyata Lebih Buruk Jika Dibiarka...

15-03-2018 | 10:56
Konon Makan Pedas Bisa Sembuhkan Sakit Kepala

08-09-2016 | 10:59
Posisi Bercinta ini Ternyata Bisa Meredakan Sakit Kepal...

18-01-2016 | 14:34
Ini Loh 5 Cara Redakan Sakit Kepala, Ternyata Seks Nome...


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062