Kesehatan 

Kisah Satu Tahun RS Terapung Ksatria Airlangga Berlayar
Senin, 11-02-2019 | 03:20 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya - Tak terasa satu tahun sudah, Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga, berlayar memberikan pelayanan ke masyarakat yang tinggal di kepulauan. Selama satu tahun, sudah 22 pulau yang telah dikunjungi untuk diberi layanan kesehatan secara gratis.


Sudah satu tahun masa bakti Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga, melayani masyarakat di kepulauan, sejak berangkat perdana November 2017 lalu. Beragam suka dan duka dirasakan tim dokter yang berada di dalam kapal phinisi yang memiliki panjang 27 meter dan lebar 7,2 meter ini.

Ketua Ika Fakultas Kedokteran Unair, Dokter Pudjo Hartono mengungkapkan, selama satu tahun perjalanan memberikan pelayanan ditiap pulau, terdapat berbagai permasalahan yang kompleks.

"Diantaranya kondisi masyarakat dan pelayanan kesehatan yang masih kurang, membuat relawan rumah sakit terapung yang berasal dari berbagai keahlian ikut membantu kondisi masyarakat," jelas Dokter Pudjo Hartono.

Dokter Pudjo menambahkan, selama satu tahun masa bakti, rumah sakit terapung telah memberikan pelayanan pada 11 ribu 482 orang yang tinggal di kepualauan.

"Tercatat sudah 22 pulau yang  disinggahi kapal rumah sakit terapung ksatria airlangga ini, 2 diantaranya pulau yang menjadi korban bencana yakni, Lombok dan Poso," imbuhnya.

Momentum satu tahun masa bakti rumah sakit terapung ksatria airlangga ini, diperingati civitas fakultas kedokteran Universitas Airlangga, Unair, Sabtu (9/02). Dalam kegiatan ini, tim dokter memaparkan kegiatan yang telah dilakukan serta  ingin mendapatkan masukan dari daerah yang sudah didatangi.

Dokter Agus Harianto, Direktur Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga memaparkan, selama satu tahun masa bakti, pihaknya prihatin dengan masih adanya masyarakat di kepulauan yang belum tersentuh pelayanan kesehatan.
Dokter spesialis bedah ini menambahkan selama satu tahun, berbagai penyakit telah disembuhkan tim dokter, mulai bedah mata, bedah bibir sumbing hingga operasi caesar.

Meski telah satu tahun berlayar melayani kesehatan masyarakat, namun tim dokter rumah sakit terapung ksatria airlangga, tidak akan berhenti.

Bagi tim dokter dan relawan, meski berat lantaran harus melawan ombak laut. Namun ada satu kebahagiaan dalam pengabdian di rumah sakit terapung ini, yakni melihat pasien keluar dari kapal dengan tersenyum. (yos)


Berita Terkait

16-09-2017 | 15:11
Rumah Sakit Terapung Milik Unair Mampu Tampung 30 Pasie...

05-02-2017 | 20:15
Alumni Unair Bakal Dirikan Rumah Sakit Terapung


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062