Teknologi 

Mengenal Lebih Dekat Paslon Capres Cawapres Lewat Aplikasi Pemilu
Senin, 11-02-2019 | 05:20 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya - Mendekati pemilu 2019 pada bulan April mendatang, beberapa aplikasi terkait pemilupun bermunculan. Selain aplikasi resmi dari KPU, beberapa aplikasi lain, turut menawarkan sejumlah informasi terkait Capres dan Cawapres.


Selain aplikasi resmi KPU RI pemilu, aplikasi pemilu pintar, cek pemilu 2019, polling presiden, dan pantau bersama, merupakan sebagian aplikasi perangkat telepon pintar, yang bertujuan untuk menggali informasi seputar pemilu 2019.

Keberadaan beragam aplikasi tersebut selain untuk memberikan informasi bagi pemilih pemula, juga untuk meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya bagi kaum milenial.

Keresahan dan keributan masyarakat baik di dunia nyata maupun media sosial, ditambah lagi tingginya kasus hoax yang beredar, menjadi salah satu motivasi diluncurkannya ragam aplikasi tersebut.

Menurut Sabrang Mowo Damar Panuluh, pengembang aplikasi pemilu pantau bersama, menjelaskan, keresahan kita semua, seperti keributan tanpa henti, seperti di publik space di tempat umum.

"Sosmed dan internet tersebut terus jadi kayak beban, ini milih presiden kok tanpa henti mikirnya, terus kok kita jadi milihnya emosional ya ndak rasional," ujar Sabrang.

Menurutnya, salah satu motif kita disitu jadi bagaimana agar kita bisa memilih presiden dengan kepala dingin ndak pakek ribut-ribut, ikut kuisnya setiap minggu. Menurutnya, nanti akan muncul sendiri kamu lebih setuju sama programnya Jokowi atau Prabowo.

Masing-masing aplikasi pemilu tersebut punya kemasan yang berbeda-beda. Baik yang bertujuan untuk mengecek daftar pemilih tetap, polling atau vote presiden secara independen, menyajikan informasi terkait kedua paslon capres-cawapres. Bahkan, mengajukan pertanyaan untuk salah satu atau kedua paslon.

Menurut Santi Isnaini, pakar komunikasi, platform yang memuat pemilu berbasis aplikasi tersebut, dinilai berguna dalam momentum pemilu saat ini.

"Karena dengan mudah masyarakat dapat mengakses informasi  terkait pemilu sesuai dengan kebutuhan," jelas Santi Isnaini.

Keberadaan beragam aplikasi tersebut tentunya dapat dimanfaatkan untuk mengenal lebih dekat paslon Capres-Cawapres dengan mudah, sehingga membantu menentukan pilihan dan meningkatkan partisipasi pemilih. (yos)


Berita Terkait


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062