Pendidikan 

Tantang Guru, KPAI Sarankan Pendidikan Karakter Anak Dikuatkan di Sekolah
Senin, 11-02-2019 | 16:36 wib
Oleh : Iman Pujiono
Jakarta - Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyesalkan sikap seoang siswa yang menatang gurunya dalam video yang viral yang dilakukan di salah satu sekolah di Gresik, Jawa Timur. KPAI menilai sekolah harunsya memberikan pengguatan terkait penguatan karakter kepada anak didik.


Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia, (KPAI), Susanto, menyesalkan tindakan seorang murid yang menantang gurunya dalam video viral yang terjadi disalah satu sekolah di Gresik Jawa Tumur.

Dikatakan Susanto, perilaku seperti ini kerap terjadi dilingkungan sekolah.Ia berharap agar pihak sekolah dan orang tua memberikan bimbingan terhadap karakter seorang anak.

"Hal tersebut bisa terjadi karena lingkungan dan dari permainan game online dan lingkungan sekitar," jelas Susanto.

Susanto menambahkan, perilaku seorang siswa menantang seorang guru tersebut, pihak sekolah juga bisa memberiksan sanksi. Namun saksi juga harus seuai norma-norma yang berlaku dan tidak merampas hak masa depan anak.

Susanto berharap warga tidak lagi menyebarkan video kekerasan tersebut dan meminta kemenkoinfo untuk melakukan pemblokiran. 

"KPAI juga meminta dinas pendidikan agar melakukan evaluasi total terkait penguatan karakter anak," imbuh Susanto.

Sementara Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi  dilokasi terspisah menyatakan, perilaku siswa tersebut merupakan hal yang biasa.

Muhajir menyapaikan perilaku anak menantang guru tersebut merupakan pelangaran berat. Namun  pihak sekolah tidak boleh menyalahkan sepenuhnya,

"Pendidikan harus memulihkan perilaku murid tersebut, dan harus ditangani dengan baik dan tidak boleh menghancurkan masa depan jiawanya," ujar Muhadjir Effendi.

Selain itu gurunya juga harus berintopeksi diri dan bisa tampil saat mengajar berwibawa agar murid bisa tetap menghormati gurunya.

Mengenai saksi yang diberikan muhajir menyerakan semuanya kepada Dinas Pendidikan terkait tidak harus Kemendikbud. (yos)


Berita Terkait

11-02-2019 | 16:36
Tantang Guru, KPAI Sarankan Pendidikan Karakter Anak Di...

24-08-2018 | 09:08
KPAI Akan Periksa Kepala TK Kartika Probolinggo

21-07-2018 | 13:21
KPAI Minta Usut Kasus Kekerasan Terhadap Siswi di Mojok...

16-07-2018 | 06:20
KPAI: Stop Perpeloncoan dalam MPLS


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062