Ekonomi Dan Bisnis 

Waspadai Start Up Unicorn Didanai Asing
Rabu, 20-02-2019 | 17:12 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya - Istilah start up unicorn viral dibicarakan masyarakat akhir-akhir ini, sejak disebutkan dalam debat kedua calon presiden pekan lalu. Ada 4 start up digital di Indonesia yang ternyata berada di level unicorn.


Tidak banyak yang tahu, ternyata start up atau perusahaan rintisan mempunyai tingkatan dari aspek valuasi atau nilai ekonomi bisnis.

Menurut salah satu pengamat ekonomi dari Fakuktas Bisnis Universitas Widya Mandala Surabaya, Robertus Sigit Haribowo Lukito, ada 6 tingkatan dari start up. Dari yang terendah level cockroach atau kecoa yakni start up dengan valuasi kecil namun bertahan, level ponies atau kuda poni dengan valuasi hingga USD 10 juta, level centaurus dengan valuasi hingga USD 100 juta, unicorn dengan valuasi lebih dari USD 1 miliar , decacorn dengan valuasi lebih dari USD 10 miliar , serta hektocorn dengan valuasi lebih dari USD 100 miliar.

"Di Indonesia baru ada 4 start up yang berada di level unicorn yakni Gojek dengan valuasi USD 3,5 miliar, Tokopedia dengan valuasi USD 2,4 miliar , Traveloka dengan valuasi USD 500 juta , serta Bukalapak dengan valuasi USD 200 juta," kata Robertus Sigit Haribowo Lukito.

Indonesia sendiri merajai di Asia Tenggara, namun masih kalah jauh dengan India yang berada di posisi 4 besar dunia.

Menurut Sigit, ke 4 start up digital ini memang mendapat suntikan dana yang cukup besar dari investor asing. Sehingga sewaktu-waktu pemilik modal bisa menjual ke pihak lain. Karena itu start up ini diharapkan dapat segera go public atau menjual sahamnya secara terbuka di bursa saham Indonesia.

Sigit menambahkan, saat ini peran aktif pemerintah cukup bagus , karena pro aktif menggelar pertemuan antara investor dengan start up. Berdasarkan data Kemenkominfo, saat ini ada 44 start up yang digadang-gadang dapat naik ke level unicorn. Diantaranya Modalku, Tanihub, Koinwork, dan Bride Story. (pul)


Berita Terkait

20-02-2019 | 17:12
Waspadai Start Up Unicorn Didanai Asing


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062