Sekolah Siap Jalani Tatanan Baru New Normal
Dishub Tuban Ciptakan Garis Jaga Jarak Mirip di Moto GP
Wali Murid Khawatir Apabila Anaknya Kembali Masuk Sekolah
Dinas Pariwisata Siapkan Konsep New Normal Sarangan
Tim Gugus Tugas Covid 19 Ponorogo Sudah Lakukan 2000 Rapid Tes
Bupati Intruksikan Tegas Lakukan Pembubaran Tempat Berkumpulnya Warga
KPU Butuh Tambahan Anggaran Rp 9 Miliar Untuk Penerapan Protokol Kesehatan
Cafe Kopi yang Ditemukan 6 OTG Ditutup Sementara
Harga Empon-Empon Anjlok di Pasar Tradisional
Pemegang Senpi di Polres Malang Diperiksa



Tapal Kuda Dan Madura
Pemuda Desa Tanam Bunga Cantik Pengusir Hama Pertanian
Selasa, 26-02-2019 | 21:10 wib
Reporter : Rizqi Setiawan
Selain bermanfaat, refugia juga cantik dan indah dipandang.
Bondowoso pojokpitu.com  Banyak cara dilakukan untuk membasmi hama agar musim penen tanaman pertanian melimpah. Sejumlah pemuda di Bondowoso membudidaya tanaman refugia di dekat lahan sawah.
Tanaman itu banyak tumbuh di Jalan Desa Jetis Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. Tanaman refugia memanjakan mata dengan bunga cantik antara lain kenikir, jenggeng ayam, tapak dara dan sejumlah jenis bunga matahari.

Keindahan berwarna-warni bunga refugia desa jetis mampu memikat hati warga yang melihat utamanya kaum muda. Banyak masyarakat sekitar maupun pengendara yang melintasi berhenti sejenak. Meski hanya untuk berswafoto mengabadikan momen di sekitar bunga.

Kegiatan menanam bunga dirintis pemuda setempat.  Taman bunga di dekat sawah juga diberi beberapa hiasan unik yang dibuat dari bahan sampah sisa botol plastik.

Salah satu pemuda pengagas taman refugia, Muhamamad Husni mengatakan, ide budidaya refugia untuk mengurangi hama yang kerap menyerang lahan petanian. Selain itu refugia dapan mengurangi gas berbahaya di udara seperti karbon dioksida dan karbon monoksida. "Tanaman bunga cantik tersebut juga untuk melestarikan kupu-kupu bemacam jenis di wilayah Pegunungan Argopuro," jelas Muhammad Husni.

Karena daerah tersebut mudah dijangkau, belakangan taman bunga jetis sudah mulai ramai dikunjungi. Untuk melestarikannya, para pemuda desa akan menambah jumlah dan warna baru tanaman refugia untuk dibudidayakan. (pul)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062