Metropolis 

Menteri ESDM Ignatius Jonan Resmikan Jaringan Gas Rumah Tangga di Sidoarjo
Minggu, 03-03-2019 | 05:27 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo - Dengan maksimalkan hasil gas di Indonesia dan mengurangi impor gas, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, targetkan 5 tahun mendatang, 4 juta rumah tangga bisa menikmati jaringan gas.


Sebagai tahap awal dan percontohan, Menteri ESDM meresmikan 7093 jaringan gas rumah tangga di wilayah pemukiman warga dikawasan Tanggulangin Sidoarjo.

Pasca ditanda tanganinya keputusan Presiden terkait penyediaan dan pendistribusian gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil, nomor 6 tahun 2019 pada tanggal 23 Januari 2019 lalu, Kementrian ESDM targetkan 4 juta rumah tangga akan menikmati jaringan gas dalam kurun waktu 5 tahun mendatang.
 
Penegasan ini disampaikan langsung menteri ESDM, Ignatius Jonan Jumat (2/3) petang, saat meresmikan 7093 jaringan gas rumah tangga di wilayah pemukiman di daerah Tanggulangin Sidoarjo. Sedangkan di Sidoarjo sendiri nantinya akan dipasang sebanyak 17.543 jargas sambungan rumah.
 
Menurut Jonan, tak hanya untuk memaksimalkan hasil gas yang dimiliki Indonesia sekitar 2,5 ton per tahunnya, namun juga untuk mengurangi impor gas sekitar 4,2 ton setiap tahunnya senilai hingga Rp 50 triliun.

"Tak hanya akan membantu meringankan neraca perdagangan seperti impor gas, namun juga memberikan keringanan kepada rumah tangga-rumah tangga di Indonesia," kata Ignasisus Jonan.
 
Untuk membuktikan keringanan biaya hidup warga dalam menggunakan jaringan gas rumah tangga, dalam kunjungannya ke Tanggulangin-Sidoarjo, Ignatius Jonan juga menyempatkan diri untuk berdialog langsung dengan warga yang dihadirkan dalam kunjungannya ke Sidoarjo.
 
Disela-sela peresmian jargas di sidoarjo,  Mantan Direktur PT. KAI ini juga menyerahkan 196 paket konverter kit (konkit) BBM ke elpiji untuk nelayan kecil Desa Tambak Cemandi, Kecamatan Sedati, Sidoarjo dan juga memasang penerangan jalan umum tenaga surya sebanyak 600 titik. (yos)


Berita Terkait


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062